JAKARTA – Toyota Supra MK4, merupakan generasi ke-4 dari Toyota Supra yang banyak diburu kolektor otomotif.
Kenapa demikian? Pasalnya mobil ini pernah menjadi mobil yang ditunggangi oleh Brian O’Connor atau mendiang Paul Walker dalam film Fast and Furious. Sejak kemunculannya dalam film tersebut, mobil ini pun menjadi populer di kalangan pecinta otomotif seluruh dunia.
Menilik ke sejarahnya, Toyota Supra sendiri sudah hadir sejak tahun 1978 dengan Toyota Supra MK1. Awalnya hanya ada di Jepang dan Amerika serta menjadi pesain pony car di Negeri Paman Sam.
Setelah populer di generasi pertamanya, Toyota pun mengembangkan mobil ini dan lahirlah Toyota Supra generasi selanjutnya yaitu MK2 pada 1981, Supra MK3 pada 1986, Supra MK4 pada 1993, dan Supra MK5 pada 2014.
Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai mobil Toyota Supra MK4 bisa menyimak ulasan di bawah ini.
Spesifikasi Toyota Supra MK4

Sebagai sebuah mobil sport, Toyota Supra sudah terkenal performanya yang mumpuni di kelasnya sejak kehadiran generasi pertamanya. Apalagi untuk jenis Toyota Supra MK4 ini yang telah dipangkas bobotnya hingga 100 Kg, dibandingkan Toyota Supra MK3.
Sejak dirilisnya pada tahun 1993 hingga tahun 2022, Toyota Supra MK4 hadir dengan dua pilihan mesin. Mesin yang digendong oleh mobil sport ini adalah 2JZ-GE non turbo dan 2JZ-GTE turbo.
Untuk mesin 2JZ-GE non turbo memiliki kapasitas mesin 3.000 cc DOHC 24 Valve 6 silinder segaris. Mesin tersebut memiliki output 225 hp dengan torsi 290 Nm.
Untuk 2JZGTE memiliki kapasitas 3.000 cc EFI DOHC 6 cylinder 24 valve. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 280 hp dengan torsi 460 Nm.
Dibekali dengan transmisi manual 6 percepatan yang disalurkan melalui penggerak roda belakang (RWD).
Mesin twin-turbo milik Supra menggunakan sistem sekuensial yang mampu mengurangi gejala turbo lag. Dengan mesin twin-turbo, Toyota Supra mampu melaju 0-100 km/jam dalam waktu 5,7 detik.
Memiliki tenaga dan kapasitas mesin yang besar, tentu konsumsi bahan bakarnya pun akan sangat berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya. Toyota Supra MK4 ini dapat menempuh 7,6 KM/L di dalam kota, 11,1 KM/L di luar kota, dan 9 KM/L rute gabungan.
Interior Toyota Supra MK4
Masuk ke dalam interiornya, sebagai mobil sport yang banyak diidamkan oleh pecinta otomotif interior dari Toyota Supra MK4 tentu masih cukup ketinggalan bila dibandingkan dengan mobil sport masa kini. Melihat dari tahun pembuatannya, interior yang dimiliki oleh Toyota Supra MK4 tentu sangat kental dengan era tahun 90-an.
Namun desain dari interior dari Toyota Supra MK4 ini sangat unik dan mirip dengan dengan pesawat pada posisi pengemudi. Terlihat kisi-kisi AC yang dimiliki oleh Toyota Supra MK4 ini berbentuk baling-baling.
Selain itu instrument clusternya yang bulat-bulat membuat kesannya makin keren pada zamannya. Di dalam kabinnya ini pun sangat nyaman untuk digunakan dua orang penumpang dengan ruangan yang masih lega.
Selain itu untuk kursi pada mobil Toyota Supra MK4 ini terdapat tiga pilihan bahan yang digunakan yaitu Fabric, Recaro, dan Full Leather.
Untuk dashboardnya sendiri mobil ini didominasi oleh warna hitam dengan berbagai instrumen dan perangkat elektronik hiburan yang pada saat itu memang sudah mumpuni. Tentunya bila membandingkan dengan perangkat hiburan pada mobil saat ini sudah ketinggalan.
Audio pada mobil ini pun sudah cukup mumpuni, terlihat bahwa pada bagian sampingnya sudah disematkan perangkat audio yang cukup besar.
Eksterior Toyota Supra MK4
Melihat eksterior dari Toyota Supra MK4 tentu memiliki cukup banyak perbedaan dari generasi sebelumnya. Bila diperhatikan sejak generasi pertama yaitu MK1 hingga MK3, desain eksterior dari Toyota Supra ini cenderung mengkotak.
Namun untuk Toyota Supra MK4 ini sudah membulat yang tentu menjadi perubahan yang sangat signifikan pada penampilan mobil tersebut. Bentuk yang membulat ini semakin menambah kesan aerodinamis pada mobilnya.
Terdapat dua pilihan bodi untuk mobil sport ini yaitu pilihan coup dan targa. Mobil yang menggunakan kode MKIV ini memiliki dimensi panjang 4.514, lebar 1.81, tinggi 1.275 dan wheelbase 2.550.
Pada generasi sebelumnya desain lampu utama yang disematkan dengan desain pop up. Namun pada Toyota Supra ini menggunakan lampu yang cukup besar. Di dalamnya pun terdapat tiga lampu yang memiliki peran berbeda untuk lampu senja, lampu utama hingga sein.
Untuk foglamp sendiri berada di bawah lampu utama tepatnya di bagian kisi-kisi udara samping. Penampilan depan mobil ini sangat sporty dan masih banyak disukai hingga saat ini.
Bagian samping terdapat lekukan-lekukan halus dan kisi-kisi udara pada bagian samping belakang. Untuk bagian belakangnya mobil ini memiliki rear spoiler yang tampil cantik dan menambah kesan aerodinamis.
Untuk lampu belakangnya sendiri desainnya cukup minimalis, yaitu dengan empat lampu bulat-bulan yang memiliki kegunaan masing-masing. Desain bulat seperti ini memberi kesan retro dan sampai saat ini masih banyak disukai.
Fitur Toyota Supra MK4
Sebagai mobil sport yang memiliki performa buas di kelasnya, mobil ini dibekali dengan beberapa fitur untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya bagi yang menyukai mobil kencang, Toyota menyematkan teknologi Acoustic Control Induction System (ACIS) yaitu teknologi yang mengatur arah aliran udara saat dalam pipa intake untuk meningkatkan tenaga dari mesin.
Untuk menunjang kenyamanan saat mobil melaju, Toyota Supra MK4 ini sudah menggunakan suspensi depan dan belakang dengan wishbones, coils, dan anti roll bars, steering rack dan pinion.
Selain itu ia pun memiliki fitur yang modern pada saat itu yang saat ini sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil baru yaitu traction control. Untuk mencegah mesin turbo yang bermasalah Toyota pun sudah menggunakan sistem sekuensial yang mampu mengurangi gejala turbo lag.
Pada sisi hiburannya, mobil sport ini mungkin bisa dikatakan cukup ketinggalan bila dibandingkan dengan mobil sport zaman sekarang. Tentunya dibutuhkan modifikasi pada sarana hiburan mobil ini agar memiliki head unit touchscreen yang sudah diaplikasikan pada mobil baru.
Mobil ini masih menggunakan perangkat audio player seperti mobil tahun 90an. Namun untuk speakernya mobil ini sudah disematkan pada bagian kanan kiri pintu untuk merasakan suara yang nyaman.
Lanjut, untuk bagian keamanan pengeremannya mobil ini menggunakan ventilated discs pada bagian depan dan belakang.
Harga Baru Toyota Supra MK4
Untuk harga mobil Toyota Supra MK4 ini tentunya saat ini sudah tidak ada unit barunya di pasaran. Pasalnya mobil ini sudah tidak diproduksi lagi sejak tahun 2002. Untuk mendapatkan mobil sport ikonik ini tentu harus berburu di pasar mobil bekas.
Bahkan tidak mudah untuk mendapatkan di dalam negeri, tidak jarang bagi yang memiliki dana besar untuk membelinya di pasar mobil bekas sampai luar negeri.
Harga Bekas Toyota Supra MK4
Sebagai mobil sport yang banyak diidamkan oleh para pecinta otomotif, harga bekas dari mobil ini pun terus meningkat. Bahkan untuk harga mobil bekasnya ini bisa bersaing dengan mobil Toyota Supra keluaran baru yang berada di dealer.
Untuk sebuah perbandingan, Toyota menjual generasi kelimanya dengan nama New GR Supra yang saat ini dibanderol dengan harga Rp2.188.400.000.
Nah untuk mobil bekas Toyota Supra MK4 ini bisa dibilang tidak memiliki patokan pasti, namun berada di kisaran Rp1 hingga Rp3 miliar tergantung dari kondisi mobil tersebut. Baik itu masih standar pabrikan maupun sudah dimodifikasi dengan penambahan part baru.
Setelah mengetahui mengenai ulasan mobil Toyota Supra MK4 saat ini sedikit banyak Anda tentu sudah paham mengenai kehebatan mobil tersebut. Pastikan bahwa dalam membeli mobil bekas selalu memilih mitra terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.
Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!