Datsun memang bukan merupakan merek mobil baru dan sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Pada zamannya, merek mobil milik Nissan Motor Company ini cukup laris dengan model pick up Datsun 620 atau Datsun 1500 sebelum merek ini dibekukan Nissan.
Dan di tahun 2013 merek mobil ini dihidupkan kembali dan menjadi merek mobil murah Nissan.
Sejarah Datsun kembali bangkit lagi saat Nissan mengumumkan bahwa mereka menghidupkan kembali merek ini untuk pasar Indonesia, Afrika Selatan, India dan Rusia pada 20 Maret 2014.
Dengan cerita sejarah yang sudah tercipta sebelumnya, Datsun melalui mobil murahnya, Datsun GO seperti tidak mengalami kesulitan untuk melakukan penetrasi di pasar global. Datsun GO di pasar global berhasil membuat rekor dengan penjualan menembus angka 100 ribu unit dalam kurun setahun setelah dirilis.
Di Indonesia sendiri, model ini membawa sebuah perubahan baru yang cukup positif. Datsun GO mampu merebut hati masyarakat karena harganya yang sangat bersahabat dengan kantong serta menjadi pilihan para first buyer.
Walaupun pada akhirnya, Nissan kembali membuat keputusan untuk tidak lagi memproduksi mobil di Datsun di Indonesia, menyusul penjualannya yang terus merosot dari tahun ke tahun.
Tahun 2020 ini menjadi tahun kelam bagi sejarah Datsun di Indonesia karena dipastikan sudah tidak akan mengeluarkan model terbarunya dan hanya menghabiskan sisa stock yang masih ada.
Varian Datsun GO – Wajib Tahu Sebelum Membeli
Seiring perjalanannya, Datsun hadir di Indonesia dengan menawarkan tiga model Datsun GO berbeda, mulai dari Datsun GO, Datsun GO + dan Datsun Cross.
Masing-masing model Datsun ini menawarkan berbagai varian berbeda dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk edisi kali ini, OLX Indonesia hanya akan fokus untuk membahas model Datsun GO, sebagai model pertama Datsun yang hadir di Indonesia.
Datsun GO punya 9 varian yang ditawarkan kepada konsumen di Indonesia :
- DATSUN GO D MT
- DATSUN GO A MT
- DATSUN GO A CVT
- DATSUN GO T MT
- DATSUN GO T CVT
- DATSUN GO T ACTIVE MT
- DATSUN GO T ACTIVE CVT
- DATSUN GO LIVE MT
- DATSUN GO LIVE CVT
Perbedaan Harga Datsun GO dari Setiap Tipe
VARIAN DATSUN GO | HARGA | SELISIH HARGA |
DATSUN GO D MT | Rp 112.900.000 | – |
DATSUN GO A MT | Rp 119.460.000 | Rp 6.560.000 |
DATSUN GO A CVT | Rp 135.410.000 | Rp 22.510.000 |
DATSUN GO T MT | Rp 131.780.000 | Rp 18.880.000 |
DATSUN GO T CVT | Rp 147.610.000 | Rp 34.710.000 |
DATSUN GO T ACTIVE MT | Rp 135.420.000 | Rp 22.520.000 |
DATSUN GO T ACTIVE CVT | Rp 151.360.000 | Rp 38.460.000 |
DATSUN GO LIVE MT | Rp 144.790.000 | Rp 31.890.000 |
DATSUN GO LIVE CVT | Rp 160.490.000 | Rp 47.590.000 |
Harga – Harga Datsun GO Bekas
Datsun GO hadir sebagai merek mobil murah dari Nissan untuk dijual di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Harganya yang cukup bersaing dengan mobil-mobil Low COst Green Car (LCGC) mereka lainnya, membuat Datsun GO sangat diterima oleh pasar domestik dan jadi pilihan para pembeli mobil pertama.
Tapi tentu pilihannya saat ini tidak cuma Datsun GO baru saja. Karena ternyata di pasar mobil bekas model Datsun GO juga banyak menawarkan pilihan yang tidak kalah menarik. Salah satunya tentu harga yang juga jauh lebih murah.
Di platform OLX banyak listing yang menawarkan Datsun GO bekas dengan harga rata-rata di bawah Rp 100 juta (harga tertinggi Rp 94 juta). Meski harganya murah, namun kondisinya masih cukup gress dengan tahun pembuatan yang juga muda, tahun 2019.
Rekomendasi Datsun GO Harga Kurang dari Rp 100 Juta
Memiliki mobil baru tentu menjadi impian semua orang. Namun impian ini biasanya terhalang dengan kondisi keuangan yang belum memungkinkan. Namun tidak perlu berkecil hati, karena masih ada pilihan untuk mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang masih seperti baru.
Dengan budget tidak sampai Rp 100 juta, Anda masih bisa membeli mobil Datsun GO bekas. Adapun model yang bisa dibeli dengan budget tersebut adalah:
- Datsun GO Tahun : 2015, 2016, 2017,2018, 2019
- Datsun GO Tipe : Datsun GO, Datsun GO Panca, Datsun GO T-Active, transmisi manual dan otomatis
Cek Disini Untuk Datsun GO Bekas Harga Kurang Rp 100 Juta
Skema Cicilan Datsun GO
SKEMA KREDIT DATSUN GO | HARGA OTR | PINJAMAN | TENOR | |||
1th | 2th | 3th | 4th | |||
DATSUN GO D MT | Rp 112.900.000 | Rp 79.030.000 | Rp 6.901.953 | Rp 3.609.036 | Rp 2.511.397 | Rp 1.962.578 |
DATSUN GO A MT | Rp 119.460.000 | Rp 83.622.000 | Rp 7.302.988 | Rp 3.818.738 | Rp 2.657.321 | Rp 2.076.613 |
DATSUN GO A CVT | Rp 135.410.000 | Rp 94.787.000 | Rp 8.278.064 | Rp 4.328.606 | Rp 3.012.120 | Rp 2.353.877 |
DATSUN GO T MT | Rp 131.780.000 | Rp 92.246.000 | Rp 8.056.150 | Rp 4.212.567 | Rp 2.931.372 | Rp 2.290.775, |
DATSUN GO T CVT | Rp 147.610.000 | Rp 103.327.000 | Rp 9.023.891 | Rp 4.718.599 | Rp 3.283.502 | Rp 2.565.953 |
DATSUN GO T ACTIVE MT | Rp 135.420.000 | Rp 94.794.000 | Rp 8.278.676 | Rp 4.328.926 | Rp 3.012.342 | Rp 2.354.051 |
DATSUN GO T ACTIVE CVT | Rp 151.360.000 | Rp 105.952.000 | Rp 9.253.141 | Rp 4.838.474 | Rp 3.366.919 | Rp 2.631.141 |
DATSUN GO LIVE MT | Rp 144.790.000 | Rp 101.353.000 | Rp 8.851.495 | Rp 4.628.453 | Rp 3.220.773 | Rp 2.516.932 |
DATSUN GO LIVE CVT | Rp 160.490.000 | Rp 112.343.000 | Rp 9.811.288 | Rp 5.130.330 | Rp 3.570.010 | Rp 2.789.851 |
DATSUN GO BEKAS | Rp 98.000.000 | Rp 68.600.00 | Rp 5.991.066 | Rp 3.132.733 | Rp 2.179.955 | Rp 1.703.566 |
Keunggulan dan Kekurangan Datsun GO
Sebagai mobil murah, Datsun GO memang sangat menarik untuk dimiliki. Apalagi untuk kendaraan bekasnya juga bisa dimiliki dengan modal tidak sampai 100 juta rupiah. Tentu ini membuka kesempatan luas bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan roda empat.
Namun sebelum memutuskannya, ada baiknya Anda cari tahu dulu apa kelebihan serta kekurangan dari model ini.
Kekurangan
Sebelum membahas kelebihannya, ada baiknya untuk mengulas kekurangan dari Datsun GO. Tentu hal ini dimaksudkan untuk memberikan psikologis yang lebih baik, untuk menceritakan apa kekurangan di awal kemudian diakhiri dengan mengulik berbagai kelebihannya. Harapannya agar bisa memberikan dorongan lebih positif untuk memutuskan membelinya.
Kekurangan pertama yang paling menjadi sorotan adalah kapasitas kabinnya yang terasa lebih sempit dibandingkan dengan model LCGC lainnya. Dengan wheelbase 2.450 mm, kabin mobil tidak memberikan akomodasi yang cukup baik untuk semua penumpang Datsun GO.
Ini juga terjadi pada sisi bagasi dimana kapasitasnya pun tidak selega yang ditawarkan oleh kompetitornya. Ini juga diperburuk dengan sistem pelipatan kursi yang kurang praktis dan juga pada akhirnya menyita volume bagasi.
Kekurangan lainnya adalah desain serta material di dalam interior. Selain desain dashboard yang terlihat monoton, pun bahan materialnya terlihat kurang berkualitas.
Untuk perjalanan jarak jauh, meski kapasitas mesinnya cukup mumpuni dibandingkan dengan kompetitor, tapi untuk urusan kenyamanannya terasa kurang. Pasalnya Datsun GO tidak tersedia fitur pengaturan posisi lingkar kemudi di semua variannya.
Tapi kembali lagi, dengan harga jualnya yang memang cukup murah, kita tidak bisa berekspektasi terlalu tinggi saat memutuskan untuk memiliki Datsun GO.
Kelebihan
Seperti yang sempat disinggung di atas, untuk perjalanan jarak jauh, mesin Datsun GO cukup bisa diandalkan. Mesin berkode HR12DE, 3 silinder berkapasitas 1.198 cc yang digendong Datsun GO adalah salah satu jenis mesin andalan Nissan. Keunggulannya adalah memiliki karakter overstroke, langkah piston lebih panjang dari diameter piston, sehingga sangat baik dari sisi torsi di putaran rendah.
Tenaganya mencapai 68 PS atau sekitar 66,5 Hp pada 5.000 rpm untuk transmisi manual dan 78 PS atau sekitar 76,5 Hp pada 6.000 rpm di transmisi CVT. Bertenaga sekaligus memiliki tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar yang sangat baik. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi manual 5-speed dan juga CVT.
Radius putar Datsun GO juga tergolong kecil, membuatnya mudah berakselerasi meski di jalan yang sempit. Kemudian untuk sistem pengeremannya dilengkapi rem cakram berventilasi di bagian depan yang mengurangi gangguan kinerja rem saat mengalami overheating. Berkendara lebih aman dan menghasilkan daya tahan rem yang lebih lama.
Keunggulan lainnya adalah karena Datsun GO punya pilihan varian yang cukup beragam, dengan rentang harga yang sangat bervariasi. Konsumen bisa menyesuaikan pilihan sesuai dengan selera dan tentunya kondisi keuangan.
Review Tampilan Eksterior dan Interior Datsun GO
Datsun GO punya tampilan eksterior yang cukup modern dan stylish. Tampak dari depan dimana ada lampu utama berbentuk heksagonal berpadu dengan front grille berbentuk honeycomb. Ini membuat tampilan desain Datsun GO terlihat sangat berkarakter.
Kemudian di bagian belakang bodi-nya dibuat lebar dengan bahu melengkung memberikan kesan gagah dan kokoh. Desain belakang ini disempurnakan oleh penyematan Roof Spoiler dengan High Mount Stop Lamp.
Untuk tipe tertinggi sudah dilengkapi Aero Kit dan Body Side Molding yang membuatnya terlihat lebih sporty.
Di sektor interior, Datsun GO menawarkan komposisi 5 tempat duduk, dengan bentuk kursi baris pertama dibuat menyambung.
Fitur penunjang kenyamanan seperti Air Conditioner (AC) sudah tersedia meskipun masih sistem manual. Perangkat hiburan sederhana berupa head unit dengan sistem audio 1 Din dengan Aux Jack dan USB juga tersedia.
Juga tersedia power outlet untuk mengisi daya smartphone, meskipun hanya di bagian depan saja.
Meski pada bagian kemudi tidak dilengkapi fitur tilt steering, setidaknya teknologi Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS) menawarkan kenyamanan mengemudi karena proses mengendalikan lingkar kemudi yang ringan.
Konfigurasi / Spesifikasi Datsun GO
Dimensi
DATSUN GO D MT | DATSUN GO A MT | DATSUN GO T MT | DATSUN GO T ACTIVE MT | DATSUN GO LIVE MT | DATSUN GO A CVT | DATSUN GO T CVT | DATSUN GO T ACTIVE CVT | DATSUN GO LIVE CVT | |
Tinggi | 1507 | ||||||||
Panjang | 3788 | ||||||||
Jarak Sumbu Roda | 2450 | ||||||||
Lebar | 1636 | ||||||||
Jarak Terendah | 170 |
Mesin
DATSUN GO D MT | DATSUN GO A MT | DATSUN GO T MT | DATSUN GO T ACTIVE MT | DATSUN GO LIVE MT | DATSUN GO A CVT | DATSUN GO T CVT | DATSUN GO T ACTIVE CVT | DATSUN GO LIVE CVT | |
Isi Silinder | 1198 | ||||||||
Tipe Drive | front-wheel-drive (FWD) | ||||||||
Konfigurasi Mesin | HR12DE 1.2L, DOHC, in-line 3-cylinder | ||||||||
Jenis BBM | Bensin | ||||||||
Jumlah Silinder | 3 | ||||||||
Konfigurasi Transmisi | Manual 5-speed | CVT | |||||||
Power | 68 Ps(50 kW) / 5000 rpm | 78 Ps(57 kW) / 6000 rpm | |||||||
Torsi | 104 Nm / 4000 rpm | 104 Nm / 4400 rpm |
Suspensi dan Rem
DATSUN GO D MT | DATSUN GO A MT | DATSUN GO T MT | DATSUN GO T ACTIVE MT | DATSUN GO LIVE MT | DATSUN GO A CVT | DATSUN GO T CVT | DATSUN GO T ACTIVE CVT | DATSUN GO LIVE CVT | |
Rem Depan | Ventilated disc | ||||||||
Suspensi Depan | MacPherson strut | ||||||||
Rem Belakang | Drum/tromol | ||||||||
Suspensi Belakang | Torsion Beam |
Velg dan Ban
DATSUN GO D MT | DATSUN GO A MT | DATSUN GO T MT | DATSUN GO T ACTIVE MT | DATSUN GO LIVE MT | DATSUN GO A CVT | DATSUN GO T CVT | DATSUN GO T ACTIVE CVT | DATSUN GO LIVE CVT | |
Ukuran ban | 155/80 | 165/70 | 175/65 | 165/70 | 175/65 | ||||
Material velg | 13-inch steel wheels | 14-inch alloy wheels | 15-inch alloy wheels | 14-inch alloy wheels | 15-inch alloy wheels |
Kenyamanan
DATSUN GO D MT | DATSUN GO A MT | DATSUN GO T MT | DATSUN GO T ACTIVE MT | DATSUN GO LIVE MT | DATSUN GO A CVT | DATSUN GO T CVT | DATSUN GO T ACTIVE CVT | DATSUN GO LIVE CVT | |
AC | Manual AC | ||||||||
Pengaturan posisi setir | Tidak | ||||||||
Ambient Lights | Tidak | ||||||||
Lingkar kemudi dengan tombol multi fungsi | Tidak | ||||||||
Engine Start Stop Button | Tidak | ||||||||
Front & Rear Defogger | Tidak | ||||||||
Power window depan | All auto driver side, 2nd row seat manual window | ||||||||
Gearshift paddle | Tidak | ||||||||
Head-up Display | Tidak | ||||||||
Keyless Entry | Tidak | ||||||||
Power Outlet | Ya | ||||||||
Power Steering | Ya | ||||||||
Lampu baca | Halogen | ||||||||
Kapasitas tempat duduk | 5-Seat | ||||||||
Bahan tempat duduk | Fabric | ||||||||
Vanity mirror | Tidak |
Keselamatan
DATSUN GO D MT | DATSUN GO A MT | DATSUN GO T MT | DATSUN GO T ACTIVE MT | DATSUN GO LIVE MT | DATSUN GO A CVT | DATSUN GO T CVT | DATSUN GO T ACTIVE CVT | DATSUN GO LIVE CVT | |
Airbag system | Front Airbag driver side | ||||||||
Child safety locks | Tidak | ||||||||
ISOFIX | Tidak | ||||||||
Engine immobilizer | Tidak | Ya | Tidak | Ya | |||||
Anti lock Braking System | Tidak | Ya | Tidak | Ya | |||||
Brake Assist | Tidak | ||||||||
Electronic Brake Distribution | Tidak | ||||||||
Sensor parkir | Tidak | Ya | Tidak | Ya | |||||
Rearview Camera | Tidak | ||||||||
Uphill & Downhill Assist Control | Tidak | ||||||||
Vehicle Stability Control System | Tidak | ||||||||
Anti theft system | Tidak | Keyless alarm + shock sensor | Tidak | Keyless alarm + shock sensor |
Eksterior
DATSUN GO D MT | DATSUN GO A MT | DATSUN GO T MT | DATSUN GO T ACTIVE MT | DATSUN GO LIVE MT | DATSUN GO A CVT | DATSUN GO T CVT | DATSUN GO T ACTIVE CVT | DATSUN GO LIVE CVT | |
Lampu kabut depan | Tidak | ||||||||
Jenis lampu depan | Halogen head lamp with LED DRL | ||||||||
Kaca spion | Manual | Electric Mirror | Manual | Electric Mirror | |||||
Roof rack and rail | Tidak | ||||||||
Pijakan samping | Tidak | ||||||||
Spoiler | Tidak | Ya | Tidak | Ya | |||||
Sunroof | Tidak | ||||||||
Jenis lampu belakang | Halogen |
Hiburan
DATSUN GO D MT | DATSUN GO A MT | DATSUN GO T MT | DATSUN GO T ACTIVE MT | DATSUN GO LIVE MT | DATSUN GO A CVT | DATSUN GO T CVT | DATSUN GO T ACTIVE CVT | DATSUN GO LIVE CVT | |
Audio | 1 DIN,MP3,FM/AM,USB,AUX | 6.75-inch Head Unit Touch Screen | 1 DIN,MP3,FM/AM,USB,AUX | 6.75-inch Head Unit Touch Screen |
Tips Membeli Datsun GO Bekas
Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil impian. Termasuk jika ingin membeli mobil Datsun GO bekas. Berikut hal yang harus diperhatikan;
Cek Service Record dan Kondisi Mesin
Pastikan pemilik mobil Datsun GO sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.
Cek Body dan Cat
Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.
Cek Interior
Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.
Cek Surat dan Pajak
BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.
Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.
Review Kepemilikan Datsun GO
Di sesi ini, News OLX mencoba mengumpulkan berbagai review dari pemilik Datsun GO di Indonesia. Salah satu yang menarik didapatkan dari laman setia1heri.com yang mempublikasikan pengalaman-pengalaman pemilik mobil.
Dari kumpulan artikel tersebut berbagai tanggapan hadir dari para pemilik mobil Datsun GO. Ada yang merasa puas tapi tidak sedikit juga yang merasa kecewa.
Bermula dari diskusi di grup Facebook Datsun Go+ Community Indonesia Lounge (DGCI Lounge), salah satu pemilik mobil Datsun GO bernama Ferry Kurniawan yang mengungkapkan pengalamannya memiliki Datsun GO selama 3 tahun dan beberapa masalah yang timbul menimpanya.
Berikut curcol nya di grup DGCI Lounge :
“Malam suhu mau tanya nih… Mobil Datsun saya usia 3 tahun km 60.000-an. Masalah yang dialami selama ini, aki mobil 2 kali ganti, batere remote udah lebih dari 10 kali ganti, klakson mati, selang AC bocor, magnet clutch rusak, motor fan mati, bearing roda belakang kiri kanan kena, dua kali ganti kopling karena ada bunyi nguk. Ini normal nggak sih??? Perasaan ngerawat mobil lain nggak gini-gini amat,” curhatnya.
Beberapa warganet pun menanggapi postingan diatas yang menganggap bahwa hal itu bisa dikategorikan tidak normal.
“Yang pastinya gak normal om. Sekelas mobil jepang, kebanyakan pake 4 tahun itu keluar uang cuma untuk bensin dan oli (merk T & D). Maaf itu pengalaman pribadi saya pake mobil buka bungkus 2 merk diatas…” ujar Muhammad Japaliansyah.
Warganet lain mengomentari poin ke-8 dimana hal itu sepertinya merupakan ‘khas’ Datsun. “kopling bunyi pas mundur di datsun itu emang udah sifatnya, kt org di beres itu karena datsun tidak menggunakan gear synchronized, jadi ya….begitulah…..” terang Burhan Syah Putra.
Anggota lain menyampaikan pengalamannya memakai Datsun GO selama 3 tahun dalam kondisi normal. “Punya ane bulan juli besok genap 3 tahun. Masih aman-aman aja, belum ada yang ganti, cuma oli doang yang ganti,” tutur Ipank Wew Prikitiuw.
Pengalaman tersebut juga dibenarkan oleh Rosikhul Islam, “Alhamdulillah, punya saya mau 3 tahun masih aman dan belum ada yang ganti kecuali oli. Km 30 ribu lebih dikit,” ujarnya.
Pengalaman kepemilikan Datsun GO paling menarik diceritakan oleh Dindin Fachrudin.
“Saya sudah 4 tahun, aki sekali ganti, batere remote sekali ganti tuker sama yang cadangan masih ori, klakson ganti dari awal gak suka bunyi standarnya, AC baik baik saja, motor fan gak pernah masalah, bearing ban pernah masalah, cuma dikencengin sampai sekarang normal, kopling pernah ganti tapi gratis. Mungkin cara pakai, kondisi jalan dan keberuntungan,” ungkapnya meng-counter curhatan yang jadi awal dari diskusi tersebut.