OLX News – Taft GT bisa dibilang sebagai salah satu jip legendaris di Tanah Air. Unit satu ini cukup tangguh untuk melibas berbagai jenis medan. Meski tak lagi diproduksi, tapi minat masyarakat terhadap unit ini masih tinggi. Mari simak perjalanan unit gagah keluaran Daihatsu ini.
Sejarah Taft GT
Taft GT punya perjalanan yang cukup panjang. Daihatsu Taft diperkenalkan pertama kali pada 1974 di Jepang. Generasi awal ini punya bodi yang tergolong cukup kecil dan mungil. Kemudian, mengusung mesin yang juga kecil dengan kapasitas 958 cc.
Dapur pacu ini berpadu dengan transmisi manual berupa 4 percepatan dilengkapi transfercase dual range.
Selanjutnya, generasi kedua mulai hadir pada 1979. Desainnya masih memiliki tampilan yang sama. Hanya saja, ada perubahan pada dapur pacu. Unit ini menggunakan mesin diesel, dengan kapasitas 2.530cc. Dengan kapasitasnya yang besar ini, unit tersebut punya julukan Taft Kebo.
Taft GT hadir pada 1985, dengan kode bodi F70. Unit ini punya varian sasis pendek dan panjang. Kemudian, dilengkapi dengan dapur pacu diesel 4 silinder kapasitas 2.765cc kode DL41. Lalu, berpadu dengan dengan transmisi manual 4 percepatan.
Unit ini menghasilkan tenaga 72 dk dan torsi sebesar 170 Nm. Dapur pacu pada unit ini cukup tangguh. Yang menarik, perawatannya cukup mudah karena masih menggunakan komponen timing gear sebagai penggerak katupnya.
Eksistensi Taft GT
Saat hadir dalam iklan di media cetak kala itu, Daihatsu berani membuat klaim bahwa unit ini memiliki kenyamanan setara mobil medan. Apalagi, unit tersebut punya kaki-kaki yang mempertahankan per daun. Kemudian, didukung dengan shock absorber depan dan belakang.
Meski memiliki bentuk SUV compact, tapi konfigurasi kursi 6 penumpang dengan pengaturan dua depan dan empat di belakang, yang saling berhadapan. Kursi pada bagian belakang ini bisa dilipat untuk memberikan ruang lebih luas terhadap barang-barang.
Seiring berjalannya waktu, Daihatsu juga menghadirkan varian lain yang memiliki kode F75. Unit ini populer dengan sebutan Rocky.
Pada 1988, unit ini akhirnya mendapatkan pembaruan dari sisi dapur pacu. Dapur pacu dengan kode DL42 tersebut punya kapasitas yang sama dengan edisi sebelumnya. Hanya saja, teknologinya berbeda.
Penggerak katup dapur pacu ini menggunakan komponen timing belt dan pompa solar lewat injeksi rotari. Pada 1991, Taft memiliki perubahan pada bagian transmisi untuk menjadi manual 5 percepatan.
Hanya saja, versi sasis pendek unit ini sudah tidak lagi dijual pada 1995. Sementara, untuk tipe sasis panjang masih tersedia hingga 2007.
Harga Daihatsu Taft GT Bekas
Lantas, berapa banderol unit ini sekarang? Taft GT bekas punya kisaran harga hingga Rp90 jutaan. Bahkan, bisa menembus hingga Rp100 jutaan jika kondisinya masih terawat dengan baik.
Kemudian, unit keluaran 1981 punya harga di kisaran Rp60 jutaan. Maka, tidak heran jika unit ini masih cukup mahal di pasaran.
Nah, itulah sejarah Taft GT. Berminat mendapatkan unit ini? Kamu bisa berburu unit tangguh ini hanya di OLX. Temukan unit berkualitas dengan harga terbaik, sekarang juga.