FIFGROUP menyalurkan dana bergulir senilai Rp3,5 miliar bagi 800 pelaku UMKM di tahun 2024. Penyaluran ini dirangkai dengan perayaan HUT FIFGROUP ke-35 tahun.
OLX News – Sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk (Astra) dan juga bagian dari Astra Financial, FIFGROUP terus berkomitmen dalam hal pengembangan UMKM.
Hal ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Aspirasi Sustainability Astra melalui strategi keberlanjutan Triple-P Roadmap Astra yang terdiri atas pilar Portfolio, People, dan Public Contribution.
FIFGROUP menyalurkan dana bergulir senilai Rp3,5 miliar bagi 800 pelaku UMKM di tahun 2024. Penyaluran ini dirangkai dengan perayaan ulang tahun FIFGROUP yang ke-35 tahun.
Program ini ditandai lewat kegiatan Kick Off bertajuk “UMKM Tangguh, Ekonomi Tumbuh” pada Kamis, 6 Juni 2024 yang digelar secara hybrid di Menara FIF, Jakarta Selatan, diikuti seluruh pelaku UMKM binaan di seluruh Indonesia.
“Kegiatan ini untuk mendukung Environment, Social, and Governance (ESG) dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) poin ke-8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. FIFGROUP, sejak 2016 hingga hari ini, berupaya untuk terus membantu para pelaku usaha UMKM melalui program dana bergulir dan berbagai pelatihan serta pembinaan untuk mendorong seluruh UMKM Binaan dapat berkembang dan naik kelas,” ungkap Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati.
FIFGROUP memberdayakan para pelaku UMKM lewat pengembangan dan pembinaan UMKM. Caranya adalah menyelanggarakan pelatihan dan pendampingan langsung kepada UMKM.
Selain itu, FIFGROUP juga membuat E-Catalog yang berisi profile usaha UMKM Binaan, sehingga bisa membantu penjualan secara online baik untuk internal maupun eksternal.
“Saya sungguh mengapresiasi FIFGROUP yang berinisiatif mengajak yayasan Grup Astra untuk berkolaborasi memajukan dan mengembangkan UMKM binaan di lingkungan Grup Astra melalui pembinaan dan pengembangan UMKM. Pembinaan dan pengembangan UMKM tersebut dapat dikelompokkan ke dalam tiga hal besar yang berbasis supply chain, kawasan dan komunitas dengan penekanan pada keberlanjutan untuk mengoptimalkan dampak dan manfaat bagi masyarakat. Semoga kegiatan seperti ini terus dapat dilaksanakan demi memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,” sambung Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.
Modal Usaha Tanpa Bunga dengan Tingkat Pengembalian yang Tinggi
Perjalanan UMKM binaan FIFGROUP bermula sejak 2016 dengan 26 UMKM dengan nominal bantuan saat itu senilai Rp65 juta.
Program ini terus berlanjut sehingga saat ini total dana yang digulirkan berjumlah lebih dari Rp4,3 miliar kepada 1.403 pelaku UMKM.
Di program ini FIFGROUP menyalurkan bantuan modal yang berasal dari Dana Sosial Syariah, yang berfokus pada pengembangan UMKM, yaitu pemanfaatan dan penyaluran dana sosial syariah yang tepat serta efektif kepada masyarakat yang mengedepankan transparansi.
Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM dengan baik. Pelaku UMKM juga mendapatkan pelatihan serta pendampingan dalam rangka meningkatkan pengetahuan terkait usaha yang dijalankan.
FIFGROUP juga terus memantau tingkat kesehatan UMKM dengan index current rate, yaitu persentase kelancaran pengembalian dana yang dibayarkan tidak melebihi tanggal jatuh tempo pada bulan berjalan.
Target current rate adalah sebesar 93,5%, dan pencapaian UMKM FIFGROUP berada di angka 99,1%, artinya hampir seluruh UMKM ini sehat dan berkomitmen untuk mengembalikan dana bergulir dengan tingkat pengembalian yang relatif tinggi.
Dan dengan adanya tingkat pengembalian yang tinggi, maka artinya program Dana Bergulir ini bisa terus dilanjutkan ke tahun berikutnya.
FIFGROUP juga mengadakan program Repeat Order (RO) bagi setiap UMKM yang sehat, dengan diberikan kesempatan untuk mendapat dana pinjaman yang sama atau penambahan yang lebih besar dari sebelumnya.
UMKM yang diberikan Dana Bergulir dibagi menjadi beberapa bagian dengan jangka waktu cicilan minimal 10 bulan, 12 bulan, dan sampai maksimal 36 bulan.
Pembagiannya adalah sebagai berikut:
- UMKM New Customer (Rp 2.000.000)
- UMKM Repeat Order (RO) (Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000)
- UMKM Yayasan (Rp 5.000.000 – Rp 25.000.000)
Sebagai langkah tambahan, FIFGROUP juga membuat E-Catalog yang berisi profil usaha UMKM binaan untuk membantu penjualan secara online, baik internal maupun eksternal.
Program ini merupakan bentuk komitmen FIFGROUP dan Astra dalam mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, sejalan dengan tujuan mereka untuk terus membantu UMKM naik kelas dan berkembang menjadi usaha yang sehat dan mandiri. (Z)