Sabtu, April 26, 2025
Lainnya
    OtomotifMobilReview Toyota Innova Zenix V Hybrid: Legenda Andalan Keluarga yang Terus Berinovasi

    Review Toyota Innova Zenix V Hybrid: Legenda Andalan Keluarga yang Terus Berinovasi

    Ketika menyebutkan Toyota Innova, bayangan yang muncul sering kali adalah sebuah mobil keluarga yang andal, kuat, dan serba guna. Model-model sebelumnya, seperti Innova Reborn, telah mengukuhkan reputasi itu, tetapi kini hadir generasi baru yang membawa pengalaman berkendara yang lebih nyaman, lebih efisien, dan lebih canggih.

    - Advertisement -

    Kami memiliki kesempatan untuk menguji Toyota Innova Zenix V Hybrid dalam perjalanan dari Jakarta menuju Ciwidey, sebuah perjalanan yang menempuh lebih dari 150 kilometer dengan lima penumpang. Perjalanan ini benar-benar menjadi pembuktian bahwa Innova Zenix bukan sekadar penerus, tetapi sebuah lompatan besar dalam inovasi dan kenyamanan.

    Desain Ala SUV yang Gagah dan Modern

    Zenix Hybrid Exterior OLX

    - Advertisement -

    Dari luar, Toyota Innova Zenix V Hybrid menampilkan desain yang segar dan lebih modern dibandingkan pendahulunya. Jika Innova Reborn cenderung lebih kaku dan maskulin, Zenix Hybrid hadir dengan garis-garis yang lebih halus namun tetap menonjolkan karakter yang kokoh.

    Grille depan yang besar dan lampu depan LED dengan desain tajam memberikan kesan mewah dan futuristik. Sekilas desain depannya mengingatkan kami kepada model global Toyota yaitu Toyota Highlander. Kali ini Toyota benar-benar memberikan sentuhan premium pada model ini, membuatnya terasa lebih elegan dibandingkan dengan MPV lain di kelasnya.

    - Advertisement -

    Velg Alloy berukuran 17 inch yang dibalut dengan ban 215/50/R17 dan desain eksterior yang aerodinamis menambah kesan sporty dan modern. Setiap detail desain pada Zenix Hybrid tampak dirancang untuk menekankan fungsionalitas tanpa mengorbankan estetika. Bahkan, roof rails dan lekukan pada bagian samping memberikan tampilan yang dinamis sekaligus praktis untuk sebuah mobil keluarga. Namun menurut kami, fitment pada Zenix V ini terlihat sedikit kurang pas karena velgnya kurang besar, mengingat body nya Zenix yang penuh dengan elemen membulat yang lebar, seharusnya Zenix V ini menggunakan velg berukuran 18 seperti pada tipe Q yang terlihat pas dan serasi.

    Di bagian belakang, lampu belakang LED dengan desain yang menyatu memberikan tampilan yang lebih ramping dan modern. Secara keseluruhan, Toyota Innova Zenix V Hybrid berhasil menggabungkan kesan tangguh dari sebuah MPV dengan sentuhan kemewahan yang membuatnya terlihat lebih premium dan elegan di jalan.

    Perjalanan yang Mulus, Seperti Berkendara di Atas Awan

    innova zenix exterior OLX

    Saat pertama kali menyalakan mesin Innova Zenix V Hybrid, kami langsung merasakan perbedaannya. Suara mesin pas awal dinyalakan sama sekali tidak terdengar, berkat teknologi hybrid yang membuatnya berjalan dengan halus sejak awal. Ini kontras dengan pendahulunya Reborn yang suaranya lumayan terdengar saat mulai bergerak. Di sini, Zenix Hybrid memulai dengan tenang, seolah-olah mobil ini mengajak kita untuk menikmati setiap momen perjalanan tanpa harus tergesa-gesa.

    Memasuki tol Jakarta-Cikampek, lalu lintas masih terasa cukup padat, tetapi Innova Zenix Hybrid mampu menavigasi kepadatan ini dengan elegan. Satu hal yang langsung terasa adalah suspensinya yang sangat nyaman.

    Dengan lima penumpang di dalamnya, mobil ini tetap terasa stabil, dan hampir tak ada guncangan yang mengganggu saat melintasi jalanan yang tak rata. Suspensi yang dirancang ulang ini benar-benar meningkatkan kenyamanan berkendara, jauh dari karakter Reborn yang cenderung sedikit kaku ketika melibas permukaan jalan yang kurang rata. Di sini, Zenix memberikan pengalaman yang lebih empuk dan lembut, seperti berjalan di atas awan.

    Ketika mulai meninggalkan kawasan tol dan memasuki jalan-jalan kecil yang menuju Ciwidey, karakteristik pengendaliannya yang luwes semakin terasa. Sistem kemudi yang lebih responsif dibandingkan dengan Innova generasi sebelumnya, memungkinkan pengemudi untuk merasa lebih terkoneksi dengan jalan. Mobil ini bergerak dengan presisi dan kemudahan, meskipun membawa beban penumpang penuh serta barang bawaan.

    Tidak hanya itu, salah satu fitur yang memperkaya pengalaman perjalanan ini adalah panoramic sunroof yang terdapat pada Zenix V Hybrid. Saat kami melintasi jalanan pegunungan di Ciwidey, atap kaca besar ini memberikan pemandangan langit yang luas dan memberikan suasana yang lebih terbuka.

    Penumpang dapat menikmati pemandangan langit malam yang indah saat sore menjelang, menciptakan pengalaman berkendara yang terasa lebih segar dan menyenangkan. Sunroof ini bukan hanya elemen estetis, tetapi benar-benar mengubah dinamika interior, memberikan kesan ruang yang lebih luas dan koneksi yang lebih mendalam dengan alam sekitar.

    Teknologi Hybrid: Efisiensi Bahan Bakar Tanpa Kompromi

    Toyota Innova Zenix V Hybrid bukan hanya memberikan kenyamanan berkendara yang meningkat, tetapi juga hadir dengan janji efisiensi bahan bakar yang signifikan. Dalam perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Ciwidey, sistem hybridnya benar-benar menunjukkan taringnya. Di jalan tol yang lurus dan panjang, motor listrik sering kali mengambil alih peran mesin bensin, mengurangi konsumsi bahan bakar hingga ke tingkat yang luar biasa. Kami bahkan sempat memantau konsumsi BBM yang menunjukkan angka lebih dari 20 km per liter—sebuah pencapaian yang hampir tak terpikirkan untuk sebuah MPV besar seperti Innova.

    Saat menghadapi jalan menanjak di kawasan pegunungan menuju Ciwidey, mobil tetap terasa bertenaga meski sebagian besar tenaganya berasal dari mesin bensin pada saat-saat ini.

    Namun, perpindahan antara mesin bensin dan motor listrik hampir tak terasa, membuat pengendaraan tetap mulus dan tenang. Dibandingkan dengan Innova Reborn yang menggunakan mesin diesel atau bensin konvensional, Innova Zenix Hybrid memberikan pengalaman berkendara yang lebih efisien, tidak hanya dari segi konsumsi bahan bakar tetapi juga emisi yang dihasilkan.

    Menariknya, tidak ada rasa ‘lemot’ yang sering kali menjadi stigma terhadap kendaraan hybrid. Mesin 2.0L M20A-FKS Atkinson Cycle di Toyota Innova Zenix V Hybrid yang berpadu dengan motor listrik memberikan akselerasi yang bertenaga, terutama saat diperlukan untuk mendahului kendaraan lain di jalan lintas.

    Kabin yang Tenang, Tempat Sempurna untuk Bersantai

    Sunroof Innova Zenix Hybrid OLX

    Perjalanan jauh terkadang bisa melelahkan, tetapi tidak demikian ketika Anda berada di dalam Innova Zenix V Hybrid. Toyota telah melakukan perbaikan besar dalam hal insulasi suara kabin. Suara angin, gesekan ban, atau bahkan kebisingan mesin hampir tidak terdengar, terutama ketika mobil berjalan dalam mode elektrik. Ini menciptakan suasana yang sangat tenang di dalam kabin, menjadikan perjalanan terasa lebih santai dan menyenangkan.

    Duduk di kursi pengemudi, kami merasa dikelilingi oleh kemewahan yang bersahaja namun nyaman. Kursi yang lebih ergonomis  memberikan dukungan yang baik selama perjalanan panjang. Penumpang pun merasakan hal yang sama, terutama di baris kedua dan ketiga.

    Meskipun lima penumpang beserta barang yang memenuhi mobil ini, tidak ada keluhan mengenai ruang kaki atau kenyamanan duduk, bahkan untuk perjalanan sejauh ini. Baris ketiga, yang sering kali menjadi kelemahan MPV, kini terasa lebih lega dan lebih ramah untuk penumpang dewasa.

    Interior Zenix Hybrid OLX

    Namun sayangnya, kenyamanan yang sudah baik ini sedikit tercoreng dengan penggunaan material hard plastic di door trim dan di beberapa bagian bawah dashboard. Material hard plastic yang digunakan juga terasa agak murah. Seharusnya hal ini bisa lebih diperhatikan lagi mengingat mobil ini memiliki harga setengah Miliar Rupiah yang dimana hal hal seperti ini seharusnya tidak terjadi.

    Untungnya material yang terasa kurang tersebut termaafkan oleh sistem infotainment yang diperbarui dan menambah kenyamanan di sepanjang perjalanan. Layar sentuh yang besar, integrasi Apple CarPlay dan Android Auto, serta sistem audio berkualitas tinggi membuat setiap penumpang dapat menikmati hiburan mereka sendiri.

    Penumpang di baris kedua juga diberikan kenyamanan tambahan berupa port USB untuk mengisi daya perangkat mereka, sebuah fitur kecil yang sangat membantu dalam perjalanan panjang.

    Menaklukkan Jalanan Ciwidey dengan Gaya

    Saat kami semakin mendekati Ciwidey, jalanan mulai berubah menjadi lebih berliku dan menanjak. Di sinilah Innova Zenix Hybrid menunjukkan pengendalian yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Mobil ini terasa lebih stabil dan terkendali saat melibas tikungan-tikungan tajam dan jalanan yang menanjak. Electronic Power Steering (EPS) yang disematkan pada model ini membuat manuver menjadi lebih ringan dan presisi, sehingga pengemudi tidak merasa terbebani saat menghadapi berbagai kondisi jalan.

    Pada saat yang sama, sistem pengereman regenerative yang menjadi bagian dari teknologi hybrid tidak hanya membantu memperlambat kendaraan secara halus, tetapi juga mengisi kembali daya baterai. Pengalaman ini benar-benar berbeda dibandingkan dengan Innova Reborn, yang meskipun tangguh, terkadang terasa agak berat ketika menghadapi tanjakan curam atau turunan tajam.

    Zenix Hybrid juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih canggih. Sistem pengereman ABS, kontrol stabilitas, serta sensor parkir depan dan belakang bekerja dengan sangat baik dalam memberikan rasa aman selama perjalanan. Fitur-fitur ini memberikan kepercayaan diri tambahan, terutama ketika berkendara di medan yang menantang seperti di kawasan pegunungan Ciwidey.

    Hanya saja, sekali lagi kenikmatan berkendara ini kembali sedikit terganggu. Hal yang mengganggu ini adalah penerangan lampu standar Innova Zenix Hybrid yang menurut kami kurang memadai. Lampu standar Innova Zenix ini pun juga tidak menggunakan projector, melainkan hanya LED multi-reflector biasa. Tentu saja hal ini agak kurang sreg di hati kami, mengingat ini merupakan mobil dengan harga yang lumayan premium, seharusnya bisa mendapatkan penerangan yang lebih mumpuni sehingga menambah keamanan berkendara dijalan.

    Kesimpulan: Sedikit Lagi Perfect!

    Setelah menempuh perjalanan panjang dari Jakarta ke Ciwidey, jelas bahwa Toyota Innova Zenix V Hybrid adalah lebih dari sekadar penerus dari Innova Reborn. Mobil ini berhasil menciptakan pengalaman berkendara yang jauh lebih baik di banyak aspek—mulai dari kenyamanan, efisiensi bahan bakar, hingga rasa berkendara yang lebih halus dan modern. Zenix Hybrid bukan hanya memenuhi ekspektasi kami, tetapi melampauinya.

    Toyota telah berhasil meramu sebuah mobil keluarga yang tidak hanya nyaman dan praktis, tetapi juga cerdas dan ramah lingkungan. Teknologi hybrid yang diusungnya memberikan manfaat nyata dalam hal efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan performa. Ini adalah kendaraan yang cocok untuk keluarga modern yang mencari kendaraan serbaguna dengan teknologi terkini.

    Bagi kami, Toyota Innova Zenix V Hybrid adalah mobil yang tidak hanya membawa kita dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga membawa perjalanan itu sendiri ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan kenyamanan yang ditingkatkan, rasa berkendara yang lebih refined, dan efisiensi bahan bakar yang menakjubkan, mobil ini layak menjadi legenda baru dalam segmen MPV keluarga di Indonesia. Mobil ini mengingatkan kita bahwa perjalanan bukan hanya tentang mencapai tujuan, tetapi juga tentang menikmati setiap momen di jalan.

    Nah bagaimana? Tertarik dengan mobil ini? Kamu juga bisa menemukan berbagai stok Innova Zenix bekas berkualitas di OLXmobbi disini

    What We Like

    • Rasa berkendara yang luar biasa menyenangkan dengan mesin M20A-FKS Hybrid terbaru dan didukung oleh sasis TNGA
    • Feeling rem yang sangat halus dan gradual seperti layaknya mobil Eropa
    • Suspensi nyaman di berbagai kondisi jalan
    • Konsumsi BBM yang luar biasa hemat namun tenaga sangat responsif
    • Kabin yang sangat luas untuk mobil dikelasnya
    • Resale value dan reliability Toyota Kijang yang tidak perlu ditanyakan lagi

    What We Don’t Like

    • Fit and finish yang masih sedikit miss di beberapa tempat
    • Lampu depan yang kurang memadai
    • Design dan fitment velg yang kurang proporsional
    • Bahan jok yang kurang premium untuk mobil dengan harga dikelasnya

     

    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait