Jumat, April 25, 2025
Lainnya
    ReviewReview Daihatsu New Terios 2023 Facelift : LSUV Paling Cocok untuk Indonesia

    Review Daihatsu New Terios 2023 Facelift : LSUV Paling Cocok untuk Indonesia

    News.OLX – Berbicara soal Daihatsu Terios tentu saja yang teringat pertama kali di benak kamu adalah mobil LSUV yang namanya cukup melegenda di Indonesia karena mobil ini merupakan penerus dari Daihatsu Taruna yang sangat populer di tahun 90-2000an di Indonesia.

    - Advertisement -

    Setelah beberapa dekade berlalu, mobil ini terus berevolusi menjadi semakin sempurna. Mobil ini baru saja mendapatkan penyegaran di pertengahan 2023. Penyegaran yang dilakukan membuat Terios menjadi semakin segar, khususnya menjadi senjata Astra bersamaan dengan Toyota Rush untuk menjadi satu satunya SUV berpenggerak RWD di kelasnya.

    Kami diberi kesempatan oleh Astra Daihatsu untuk mengeksplor langsung secara mendalam mobil Daihatsu New Terios Facelift bertipe R ADS dengan transmisi Manual. Mengapa transmisi manual? Karena kami ingin merasakan bagaimana rasanya hidup di 2024 mengendarai mobil LSUV RWD bertransmisi manual, apakah menyenangkan atau sebaliknya? Simak terus review lengkapnya dibawah ini.

    - Advertisement -

    Fitur Lengkap yang Tepat Sasaran

    daihatsu new terios 2023 facelift

    Daihatsu New Terios tipe R ADS M/T ini menurut kami memiliki fitur yang lengkap jika dibandingkan dengan harganya. Oiya, mungkin daripada menyebut fiturnya satu per satu, kami akan ceritakan fitur fitur yang menurut kami sangatlah membantu dan berguna ketika dibawa berkendara

    - Advertisement -

    1. Around View Monitor

    Terios tipe R ADS ini sudah dilengkapi dengan camera 360 di sekujur mobilnya. Cukup surprise mobil seharga ini sudah dapat fitur camera 360 dimana rival yang lainnya belum. Tentu saja fitur camera 360 ini bukan gimmick, resolusi dan kualitas gambarnya jelas baik di siang dan malam hari, responnya cukup cepat dan tentunya sangat membantu sekali jika masuk gang sempit, parkir di malam hari dan skenario skenario lain yang menyulitkan pengendara.

    2. Sensor Parkir Lengkap Depan Belakang

    daihatsu new terios 2023 facelift

    Salah satu fitur menarik lainnya yang didapatkan pada mobil ini adalah sensor parkir yang lengkap di depan dan belakang serta bisa dimatikan secara terpisah. Meskipun sudah punya kamera 360, tentu saja sensor parkir yang lengkap di depan dan belakang ini membuat parkir di tempat yang sangat sempit / parkir paralel menjadi sangat mudah. 

    Selain itu karena bisa dimatikan secara terpisah (tidak always on) membuat mobil ini nyaman ketika dikendarai di kemacetan karena tidak berisik berbunyi beep ketika ada motor / mobil yang terlalu dekat dengan kita.

    3. Android Auto and Apple Car Play

    Tidak bisa dipungkiri lagi, fitur Android Auto dan Apple Car Play di tahun 2024 ini menjadi fitur yang paling berguna untuk mobil. Apalagi di Terios ini sistemnya sudah wireless, tinggal koneksikan handphone dan semua informasi HP terpampang dengan jelas di head unit, tentu sangat nyaman dan aman.

    4. Wireless Charging Pad

    Salah satu fitur yang menurut kami sangat berguna di mobil ini ialah Wireless Charging Pad. Tidak bisa dipungkiri lagi, smartphone menjadi nyawa dari setiap orang di zaman sekarang, kadangkala kita sering lupa membawa charger dan handphone habis daya di tengah jalan. 

    Dengan wireless charging pad ini tentunya membuat kita gak perlu repot bawa kabel lagi, dan yang menariknya wireless charger di Terios ini lokasinya ada didalam handrest driver, sehingga smartphone menjadi aman dan tidak tergeser geser. Good job Daihatsu!

    5. Auto Door Lock and Retractable Mirror

    Mobil Terios merupakan LSUV 7 Seater dimana kebanyakan penggunanya adalah keluarga yang memiliki anak. Dengan fitur auto door lock ini meminimalisir pintu terbuka tidak sengaja oleh anak kecil apabila pintu lupa dikunci. Auto door lock pada Terios ini sistemnya adalah speed sensing atau bekerja disaat mobil mencapai kecepatan tertentu. Selain itu fitur retractable mirror juga sudah menjadi standard sehingga mobil ini nyaman untuk dipakai di gang sempit apabila berpapasan dengan mobil lain.

    6. Digital Auto AC

    Terios tipe R ADS ini juga sudah dilengkapi dengan AC Climate Control. Walaupun masih single zone, mobil dengan tipe AC Climate Control punya keluaran suhu yang lebih stabil dan nyaman untuk penumpang karena mobil berusaha untuk menjaga suhu kabin sesuai dengan suhu yang disetel pengemudi.

    Impresi Berkendara Daihatsu New Terios Facelift

    Hal yang paling krusial selanjutnya ketika memilih sebuah kendaraan yaitu impresi berkendaranya. Kami mencoba mengendarai mobil ini di berbagai kondisi dan berikut adalah kesimpulan dari kami

    Pemakaian Dalam Kota

    Surprisingly berkendara dengan Daihatsu New Terios bertransmisi Manual di dalam kota bukanlah pekerjaan yang melelahkan. Kopling pada New Terios ini sangat enteng, dan menurut kami mobil ini tidak gampang stall apabila posisi gigi terlalu tinggi, jadi pengguna tidak perlu sering sering mengoper gigi ke posisi lebih rendah apabila tiba tiba melakukan perlambatan.

    Untuk karakter tenaga, mobil yang dilengkapi dengan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500cc Dual VVT-i ini sangat cocok untuk kondisi stop and go dan berakselerasi di kemacetan. Karakter tenaganya punya powerband yang kuat dibawah sehingga lumayan menyenangkan apabila untuk dibawa stop and go. Namun memang ini adalah versi manual yang cenderung lebih enak tenaganya dibandingkan versi 4 speed AT nya.

    Masuk ke karakter suspensi, mobil ini memang bukan menjadi mobil yang paling nyaman apabila dibawa sendiri karena mobil ini punya jenis sasis semi-ladder frame dan suspensi belakang berjenis Rigid Axle yang membuat mobil ini agak limbung dan keras ketika dibawa sendirian.

    Namun karakter itu hilang apabila mobil ini dibawa untuk mengangkut 7 penumpang. Seketika perasaan limbung dan keras itu berubah menjadi nyaman dan stabil, tampaknya Daihatsu memang mendesain mobil ini untuk membawa banyak penumpang sesuai kebutuhan masyarakat indonesia yang suka berpergian mengangkut banyak penumpang.

    Pemakaian Luar Kota dengan Jalur Menanjak

    Sebelumnya di judul tulisan kami sudah bilang bahwa mobil ini memang bukan yang paling nyaman, tapi kami state bahwa mobil ini paling cocok di Indonesia. Kenapa?

    Tidak lain tidak bukan karena performanya yang impresif ketika dibawa ke luar kota dan dibawa menjelajah melalui berbagai medan dan jalur tanjakan dan turunan.

    Seperti yang kita ketahui Terios bersama dengan Rush menjadi satu-satunya LSUV berpenggerak RWD. Memang bukan berarti mobil berpenggerak FWD itu susah menanjak, namun apabila dimuati banyak orang, mobil dengan penggerak RWD tetap menunjukkan tajinya karena tidak kehilangan traksi saat dijalan menanjak.

    Kami mencoba melewati beberapa tanjakan terjal dengan mobil ini dengan full 7 penumpang dan barang. Hasilnya? Sangat impresif, kami tidak pernah kesulitan menanjak dengan mobil ini ataupun loss power. Selain itu ketika ketemu jalan rusak dan lubang sekalipun, dihajar dengan kecepatan tinggi tidak ada gejala bottoming atau mentok, padahal full load dengan 7 penumpang didalamnya.

    Hal hal inilah yang membuat mobil ini menjadi yang paling cocok di Indonesia, LSUV lain mungkin banyak yang lebih nyaman dan banyak fiturnya, namun Terios dan Rush lah yang paling  cocok untuk dibawa ke segala medan di Indonesia.

    Konsumsi Bahan Bakar

    Selama pengetesan mobil ini, kami melewati banyak skenario jalan dan kondisi lalu lintas. Dengan menggunakan BBM oktan 92 dan kondisi beragam tersebut, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar sebagai berikut 

    Konsumsi BBM Dalam Kota Macet tanpa Toll

    Rute pertama yang kami tempuh adalah menggunakan mobil ini di dalam kota untuk keperluan pergi dan pulang kantor, dimana perjalanan dimulai dari pukul 7.30 pagi (jam rush hour) dan pulang jam 18.00 sore. 

    Di waktu tersebut hampir 80% dari rute kami adalah kemacetan panjang, dengan metode pengukuran full to full, mobil ini sanggup mencatatkan konsumsi BBM 1:10.9 dengan BBM oktan 92

    Konsumsi BBM Dalam Kota Kombinasi Macet dan Toll

    Selanjutnya kami mencoba beberapa hari mengkombinasikan perjalanan macet dan lancar. Dengan porsi sekitar 40% kemacetan dan 60% lancar konstan di jalan toll. Dengan metode yang sama kami mendapatkan konsumsi BBM 1:12.5. 

    Konsumsi BBM Luar Kota Full Toll

    Kami mencoba membawa mobil ini di malam hari ke rute Jakarta-Bogor secara konstan dengan kecepatan 100km/h di mobil ini. Untuk mobil RWD dengan mesin 1.500cc konsumsi BBM yang didapatkan ternyata cukup impresif, dengan rute keluar kota tersebut kami mendapatkan konsumsi BBM sebesar 1:16.2. Mantap!

    Kesimpulan

    Setelah seminggu bersama Daihatsu Terios, kami bisa menyimpulkan bahwa kenapa mobil ini menjadi LSUV terlaris di periode 2023 lalu menurut data GAIKINDO. Memang, dari sekian banyak LSUV yang telah kami coba, Terios memang bukan LSUV yang paling nyaman atau paling banyak fiturnya, tapi mobil ini adalah mobil yang paling mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia.

    Seperti yang kita ketahui, mayoritas orang Indonesia menggunakan mobilnya untuk berbagai macam keperluan dan tujuan. Apalagi ini adalah segmen SUV yang dimana para penggunanya mengharapkan ketangguhan dari mobil tersebut.

    Daihatsu New Terios Facelift ini menjadi satu satunya LSUV (bersamaan dengan Toyota Rush) yang mempunyai penggerak RWD dan memang tidak dipungkiri masih lebih unggul dari FWD ketika menanjak dengan keadaan penumpang full load, ia punya kaki kaki yang badak dan tahan banting, ground clearance yang tinggi, punya AC yang luar biasa dingin dan yang terpenting adalah mesinnya sudah teruji bandel dan sanggup meminum bahan bakar apa saja.

    Selain itu harga mobil ini yang cenderung terjangkau dibandingkan rival rivalnya yaitu di harga Rp. 285.950.000 untuk tipe R ADS MT OTR Jakarta, plus didukung oleh jaringan bengkel after sales Astra yang sangat banyak dan luas membuat mobil ini seolah memberikan nilai peace of mind yang sangat tinggi untuk penggunanya. Mobilnya sendiri sudah badak, irit dan bandel, ditambah jaringan bengkelnya juga sangat banyak membuat mobil ini boleh dibilang masih menjadi mobil LSUV yang paling cocok untuk kebutuhan masyarakat Indonesia dengan medan dan keadaan jalan yang sangat beragam.

    Selain itu resale value mobil ini yang baik juga turut andil dalam larisnya mobil ini di Indonesia. Tercatat di kami, mobil ini punya harga jual untuk Tipe R AT tahun 2018 di harga kisaran 190-200 Juta tergantung kondisi.

    Tentu ini merupakan nilai depresiasi yang cukup rendah dimana Daihatsu New Terios tahun 2018 lalu dibanderol dengan harga 252 juta untuk tipe R Matic. Depresiasi sebesar 50 juta selama 6 tahun pemakaian boleh dibilang rendah dimana per bulannya mobil ini hanya terdepresiasi sebesar 9 juta per tahunnya.        

    Nah bagaimana menurut kamu Daihatsu New Terios Facelift ini? Tertarik memilikinya? Kamu bisa kontak nomor Astra Daihatsu disini untuk mendapatkan penawaran dan promo terbaik Daihatsu New Terios Facelift!

    Spesifikasi Daihatsu New Terios 2023 Facelift R ADS M/T

    Daihatsu New Terios 2023 Facelift

    Dimensi : 

    • Overall Length / Length : 4455
    • Wheel Axle Distance / Wheelbase : 2685
    • Lowest Distance / Ground Clearance :220
    • Overall Width / Width : 1695
    • Distance Tread (Front / Front) :1445

    Mesin : 

    • Tipe Mesin : 2 NR – VE Euro IV DOHC Dual VVT-i
    • Torsi Maksimum(Kgm / Rpm) : 13,9 KG-M /4.200 RPM
    • Fill Cylinder / Displacement(Cc) : 1496
    • Sistem Bahan Bakar :Electronic Fuel Injection

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait