Daihatsu Xenia telah menjadi bagian integral dari pasar LMPV (Low Multi-Purpose Vehicle) di Indonesia selama bertahun-tahun. Mobil ini sering dianggap sebagai pilihan yang praktis dan terjangkau bagi keluarga yang membutuhkan kendaraan dengan kapasitas lebih dari lima orang. Pada tahun 2021, Daihatsu meluncurkan All New Xenia 1.5 R, yang membawa beberapa banyak pembaruan penting. Namun, apakah mobil ini benar-benar layak untuk melanjutkan reputasi Xenia? Mari kita tinjau secara lebih objektif, termasuk kelebihan dan kekurangannya.
Desain Eksterior: Modern dengan Garis Garis yang Tajam
Melihat dari segi desain, All New Daihatsu Xenia 1.5 R memang mengalami peningkatan. Grille depan yang lebih besar dengan aksen krom dan lampu LED membuatnya terlihat lebih modern dibandingkan model sebelumnya. Bumper depan dan garis bodi yang lebih tegas juga memberikan kesan yang lebih dinamis.
Namun, apakah desain ini benar-benar menarik perhatian? Ini sangat subjektif. Bagi sebagian orang, desain baru ini mungkin terlihat lebih segar dan agresif, tetapi bagi yang lain, Xenia tetap memiliki tampilan yang cenderung biasa saja dibandingkan dengan kompetitornya. Meski begitu, dari segi fungsionalitas, desain eksteriornya berhasil memberikan visibilitas yang baik dan aerodinamika yang cukup baik untuk mobil di kelasnya.
Interior: Nyaman dan Ergonomis
Masuk ke dalam kabin, Xenia 1.5 R menawarkan interior yang cukup nyaman untuk pengendaraan sehari-hari. Material kursi yang digunakan terasa cukup baik, meskipun masih didominasi oleh bahan fabric yang standar untuk kelasnya. Posisi mengemudi Xenia generasi ketiga ini jauh lebih ergonomis dari pendahulunya dan desain dashboard yang sederhana namun fungsional membuat pengemudi merasa nyaman saat berkendara.
Fitur utama seperti head unit layar sentuh 9 inci yang sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay menjadi nilai tambah yang signifikan. Sistem AC yang sudah dilengkapi dengan pengaturan digital dan ventilasi di baris kedua juga menambah kenyamanan, terutama untuk perjalanan jauh.
Dengan platform DNGA yang diusung juga membuat kabin dari Xenia generasi ketiga ini menjadi lebih lapang dibandingkan pendahulunya. Bahkan untuk orang dengan tinggi diatas 175 cm pun masih nyaman duduk di kursi penumpang dan pengemudi.
Performa Mesin: Efisien dan Cukup untuk Kebutuhan Harian
Xenia 1.5 R dibekali dengan mesin 1.5L Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 137 Nm. Angka ini bukan yang terbesar di kelasnya, tetapi cukup untuk kebutuhan harian, terutama jika kamu sering berkendara dalam kota. Performa mesin ini cukup responsif untuk stop-and-go traffic, dan cukup bertenaga saat dibawa ke jalan tol.
Transmisi D-CVT yang digunakan memberikan pengalaman berkendara yang halus dan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Rata-rata konsumsi bahan bakar untuk rute kombinasi tol panjang dan kemacetan dalam kota dengan bahan bakar RON 92 diraih di 13.5 km/liter, angka ini cukup baik di kelas LMPV.
Namun, jangan berharap terlalu banyak dari segi akselerasi atau performa tinggi. Mesin ini lebih difokuskan untuk efisiensi dan kenyamanan berkendara, bukan untuk kecepatan atau dinamika yang agresif. Ini bisa menjadi kekurangan jika kamu menginginkan LMPV dengan performa yang lebih bertenaga.
Fitur Keamanan: Cukup Mumpuni, tapi Bukan yang Terbaik
Di sektor keamanan, Daihatsu telah menyematkan beberapa fitur penting pada Xenia 1.5 R. Fitur-fitur seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Dual SRS Airbag menjadi standar di varian ini. Ini adalah langkah positif yang menunjukkan bahwa Daihatsu memperhatikan aspek keselamatan penggunanya.
Selain itu, struktur rangka mobil yang diperkuat juga memberikan perlindungan lebih dalam kasus kecelakaan. Namun, meski fitur keselamatannya cukup lengkap, beberapa pesaing di kelas yang sama sudah menawarkan fitur tambahan seperti adaptive cruise control yang tidak ada di Xenia tipe apapun.
Driving Impression: Nyaman tapi Kurang Bertenaga
Berkendara dengan All New Daihatsu Xenia 1.5 R menawarkan pengalaman yang nyaman dan cukup menyenangkan untuk pengemudi dan penumpang. Saat pertama kali menyalakan mesin, suara mesin yang halus langsung terasa, menunjukkan karakteristik mobil yang lebih mengutamakan kenyamanan.
Saat mengemudi di dalam kota, Xenia 1.5 R cukup lincah dan mudah dikendalikan. Setir EPS yang ringan memudahkan manuver di jalanan yang padat, dan transmisi D-CVT bekerja dengan sangat halus, hampir tidak ada hentakan saat perpindahan gigi. Ini membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, terutama saat harus sering berhenti dan berjalan di kemacetan.
Namun, saat dibawa ke jalan tol, mobil ini menunjukkan kekurangannya dalam hal tenaga. Mesin 1.5L memang cukup untuk penggunaan harian, tetapi saat kamu mencoba menyalip atau membutuhkan akselerasi yang cepat, terasa bahwa tenaganya terbatas. Mobil ini lebih cocok untuk pengendaraan yang santai dan tidak terburu-buru.
Suspensi Xenia 1.5 R juga menunjukkan performa yang baik dalam menyerap guncangan dari jalan yang tidak rata, memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang. Namun, suspensinya yang cenderung empuk ini juga menyebabkan sedikit body roll saat mobil bermanuver di tikungan dengan kecepatan yang lebih tinggi.
Salah satu hal yang kami suka di Xenia terbaru ini adalah radius putar dan feeling remnya yang jempolan. Meski sudah berubah platform menjadi FWD, mobil ini tetap mempertahankan radius putarnya yang kecil. Feeling remnya juga menurut kami merupakan hal yang sangat sangat improve dari Xenia yang lama, remnya sekarang halus dan gradual seperti layaknya mengerem mobil Eropa.
Kesimpulan: Penerus yang Jauh Melampaui Ekspektasi, Tapi Bukan Tanpa Kekurangan
All New Daihatsu Xenia 1.5 R hadir sebagai penerus dari model RWD yang telah lama menjadi andalan banyak keluarga di Indonesia. Dengan berbagai pembaruan yang dibawa, Xenia tetap menjadi pilihan yang masuk akal bagi mereka yang mencari mobil keluarga dengan harga yang terjangkau dan fitur yang cukup lengkap.
Namun, perlu diingat, meski Xenia 1.5 R memiliki beberapa kelebihan, seperti kenyamanan kabin, efisiensi bahan bakar, dan fitur keselamatan yang memadai, mobil ini juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan, seperti misalnya desain yang cenderung konservatif, performa yang tidak menonjol, dan kurangnya fitur keselamatan aktif.
Jadi, apakah Xenia 1.5 R adalah mobil yang tepat untukmu? Jika kamu mencari mobil keluarga yang durable, irit dan nyaman untuk penggunaan harian dengan harga yang wajar, Xenia bisa menjadi pilihan yang solid. Namun, jika kamu menginginkan lebih dari segi desain, performa, atau fitur keselamatan canggih, mungkin ada pilihan lain di segmen ini yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu.
What We Like
- Platform DNGA yang membuat mobil terasa sangat stabil di kecepatan tinggi
- Kabin yang lega dan nyaman
- Transmisi D-CVT yang halus dan sigap
- Radius putar tetap kecil meski sudah berubah menjadi FWD
- Feeling rem yang enak dan halus seperti mobil kelas diatasnya
What We Don’t Like
- Tidak ada pengaturan telescopic steering
- Performa untuk cruising di tol yang agak kurang
- Kualitas audio apa adanya
- Suara mesin terlalu masuk kabin dan meraung di putaran atas