Kultur budaya masyarakat Indonesia yang lebih mengutamakan keluarga sedikit mempengaruhi keputusan orang untuk memilih model kendaraan yang mau dibeli. Ini juga yang jadi alasan mengapa mobil jenis MPV atau kendaraan 7-seater sangat laris di Indonesia.
Daihatsu menjadi salah satu pabrikan mobil di Tanah Air dengan pilihan model MPV paling beragam. Bahkan rata-rata model MPV Daihatsu cukup diminati sekaligus menjadi backbone Daihatsu berjualan.
Sebut saja Daihatsu Xenia yang merupakan kembaran dari Toyota Avanza, mobil sejuta umat.
Daihatsu Sigra sendiri adalah mobil mini MPV 7 penumpang yang dirancang Daihatsu dan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia sejak tahun 2016 dan dijual eksklusif hanya untuk pasar domestik Tanah Air.
Sigra dibangun dengan platform Daihatsu Ayla, kemudian dimensinya dibuat lebih panjang. Alasan Daihatsu menjual Sigra agar masyarakat punya pilihan model MPV dengan harga lebih terjangkau dibanding Xenia. Karena potensi pasar mobil 3 baris sangat tinggi.
Daihatsu Sigra menghuni segmen Low Cost Green Car (LCGC), sebuah regulasi dari Pemerintah Indonesia yang menghapus pajak kendaraan mewah atas mobil tersebut.
Perjalanan panjang Sigra berawal dari model konsep UFC, UFC 2 dan UFC 3, hingga kemudian masuk dalam line produksi massal ADM dan resmi diluncurkan pada 2 Agustus 2016 serta tampil perdana di GIIAS 2016.
OLX yang mungkin penasaran asal nama “Sigra”, ini merupakan sebuah kata dari bahasa Sansekerta yang berarti “respon cepat”.
Perbedaan Varian Daihatsu Sigra – Wajib Tahu Sebelum Membeli
Jika dibandingkan dengan model kembarannya, Toyota Calya, Daihatsu menghadirkan Sigra dalam varian lebih beragam. Total ada 10 varian Daihatsu Sigra yang dipasarkan dengan rentang harga beragam, mulai dari Rp 118,5 juta hingga Rp 161,25 juta untuk varian tertinggi sekaligus terlengkap, Sigra 1.2 R AT Deluxe.
- Daihatsu Sigra 1.0 D
Sebagai tipe paling bawah, Sigra 1.0 D masih terlihat sangat polos. Headlamp belum LED serta tidak dibekali lampu kabut. Bagian kaki hanya dibekali ban berukuran 13 inci pakai velg baja minus wheel cover dan tidak pakai mud guard untuk melindungi kolong dari cipratan lumpur dan pasir.
Juga tak perlu berharap banyak di sisi keselamatannya, karena Sigra varian harga paling murah ini hanya dilengkapi seat belt. Airbag dan sistem pengereman ABS tidak ada dalam list fitur keselamatan, cukup merisaukan memang.
Masih beruntung kemudinya sudah dilengkapi power steering serta interior masih ada AC serta power window.
Satu lagi, untuk tipe Sigra 1.0 D ini hanya ditawarkan dalam satu pilihan transmisi, yakni transmisi manual.
- Daihatsu Sigra 1.0 M
Untuk Sigra varian mesin 1.000 cc hanya ada dua tipe, D dan M. Tipe Sigra 1.0 M menjadi tipe tertinggi di varian mesin ini.
Perbedaan spesifikasi keduanya juga lumayan jauh. Headlamp sudah LED multi reflektor, dengan diameter ban satu tingkat lebih besar. Jika tipe D pakai ukuran roda 13 inci, tipe M pakai ukuran 14 inci dilengkapi tutup roda.
Malah tipe ini sudah dilengkapi fitur immobilizer, alarm dan sensor parkir. Untuk urusan entertainment mengandalkan sistem audio 1 DIN. Juga sudah tersedia mud guard di ban bagian depan dan belakang.
Sementara untuk fitur keselamatan masih sama dengan tipe D, tanpa airbag dan rem ABS. Sigra 1.0 M juga hanya menawarkan transmisi manual saja.
- Daihatsu Sigra 1.2 X
Naik satu tingkat, Daihatsu Sigra juga tersedia dalam pilihan mesin 1.200 cc dengan dua tipe berbeda, X dan R. Dimana masing-masing tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis, serta punya tipe tertinggi, yakni Deluxe.
Di varian mesin 1.2L, tipe X menjadi tipe terendah dimana secara tampilan body-nya tidak jauh berbeda dengan varian mesin 1.0 tipe M.
Selain ukuran diameter roda 14 inci berbahan baja dengan penutup serta lampu LED, tipe ini sudah mendapatkan talang air.
Tapi di sektor interior dan fitur keselamatan, tipe X sudah pakai head unit 2DIN yang bisa dikoneksikan lewat Bluetooth, serta ada dual SRS airbag dan sistem pengereman ABS dan EBD.
- Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tipe X selain dilengkapi dengan pilihan transmisi manual dan otomatis, juga menawarkan tipe mewah yakni Deluxe. Tipe ini secara umum sama dengan yang tipe X standard, bedanya karena sudah ada ornamen lis krom di bagian jendela dan menggunakan velg alloy.
- Daihatsu Sigra 1.2 R
Daihatsu Sigra 1.2 R adalah tipe atau varian dengan spesifikasi dan fitur terlengkap diantara varian lainnya. Di tipe ini sudah cukup canggih dengan hadirnya sensor parkir dan kamera mundur.
Selain kaca spionnya pakai yang model baru, juga bisa dilipat otomatis. Tipe ini juga sudah tersemat lampu kabut. Sementara velg yang digunakan berbahan alloy 14 inci dengan desain berbeda dari tipe X. Beberapa kompartemen hadir di dalam kabin untuk kepraktisan menyimpan berbagai benda-benda pribadi.
Tipe ini juga sudah hadir dengan fitur keselamatan mumpuni seperti dual SRS airbag dan sistem pengereman ABS dan EBD.
- Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe
Sigra 1.2 R juga hadir dalam tipe lebih mewah, Deluxe. Ini sekaligus menjadi tipe atau varian tertinggi diantara semua tipe Sigra yang ada, sekaligus yang paling mahal.
Bentuk kemewahannya bisa terlihat dari lis krom di jendela, side body moulding dan garnish krom di pintu bagasi yang menghubungkan lampu belakang.
Sektor interior dibuat lebih atraktif dibandingkan tipe-tipe lainnya berkat aplikasi warna silver pada kemudi serta konsol tengahnya. Meski sayangnya, sebagai tipe paling tinggi, Sigra paling mahal ini tetap dibekali fitur keselamatan standar seperti tipe lainnya, yakni dual SRS airbag, rem ABS dan EBD.
Harga Daihatsu Sigra Setiap Tipe/Varian
Tipe | Harga |
SIGRA 1.0 D MT | Rp 118,500,000 |
SIGRA 1.0 M MT | Rp 128,900,000 |
SIGRA 1.2 X MT | Rp 138,250,000 |
SIGRA 1.2 X MT DLX | Rp 143,750,000 |
SIGRA 1.2 R MT | Rp 144,650,000 |
SIGRA 1.2 R MT DLX | Rp 148,450,000 |
SIGRA 1.2 X AT | Rp 151,050,000 |
SIGRA 1.2 X AT DLX | Rp 156,550,000 |
SIGRA 1.2 R AT | Rp 157,450,000 |
SIGRA 1.2 R AT DLX | Rp 161,250,000 |
Skema Harga Cicilan Kredit Daihatsu Sigra
Tipe Daihatsu Sigra | Harga OTR | Pinjaman | Cicilan/Bln | Cicilan/Bln | Cicilan/Bln | Cicilan/Bln |
1th | 2th | 3th | 4th | |||
1.0 D MT | 118.500.000 | 82.950.000 | 7.244.300 | 3.788.050 | 2.635.966 | 2.059.925 |
1.0 M MT | 128,900,000 | 90.230.000 | 7.880.086 | 4.120.503 | 2.867.308 | 2.240.711 |
1.2 X MT | 138,250,000 | 96.775.000 | 8.451.683 | 4.419.391 | 3.075.294 | 2.403.245 |
1.2 X MT DLX | 143,750,000 | 100.625.000 | 8.787.916 | 4.595.208 | 3.197.638 | 2.498.854 |
1.2 R MT | 144,650,000 | 101.255.000 | 8.842.93 | 4.623.978 | 3.217.658 | 2.514.499 |
1.2 R MT DLX | 148,450,000 | 103.915.000 | 9.075.24 | 4.745.451 | 3.302.187 | 2.580.555 |
1.2 X AT | 151,050,000 | 105.735.000 | 9.234.190.000 | 4.828.565.000 | 3.360.023.333 | 2.625.752.500 |
1.2 X AT DL | 156,550,000 | 109.585.000 | 9.570.423 | 5.004.381 | 3.482.367 | 2.721.360 |
1.2 R A | 157,450,000 | 110.215.000 | 9.625.443 | 5.033.151 | 3.502.387 | 2.737.005 |
1.2 R AT DLX | 161,250,000 | 112.875.000 | 9.857.750 | 5.154.625 | 3.586.916 | 2.803.062 |
- Setiap bank memiliki ketentuan masing masing, simulasi ini dibuat berdasarkan gambaran umum perkreditan. Silahkan kunjungi bank terdekat untuk perhitungan pastinya
- Simulasi ini dihitung menggunakan DP 30%,
- Bunga flat 4,8% per tahun.
- Simulasi diatas belum termasuk asuransi dan biaya administrasi
Keunggulan Daihatsu Sigra
- Mesin
Secara performa Daihatsu Sigra punya jenis mesin yang lebih baik karena memiliki teknologi Dual VVT-i dengan rasio kompresi besar. Konsumsi bahan bakarnya lebih irit dengan performa yang sebenarnya cukup untuk batasan mobil keluarga.
Rata-rata konsumsi bahan bakarnya mencapai 13 km/liter serta dilengkapi fitur keselamatan ABS di varian tertentu.
- Sistem Air Circulator
Kinerja mesin Sigra juga semakin efisien karena tidak dibekali sistem AC Double Blower, melainkan air circulator. Dengan sistem ini, kabin baris kedua tetap terjaga kesejukannya. Sistem kerja air circulator ini menyedot udara sejuk yang berasal dari depan untuk diteruskan ke belakang.
- Bluetooth Audio
Fitur entertainment di Sigra varian tinggi sudah dibekali koneksi Bluetooth. Fitur ini tergolong istimewa untuk kelas mobil LCGC karena fungsi koneksi head unit ke smartphone.
- Wiper Otomatis
Keunggulan lain dari Daihatsu Sigra adalah fitur otomatis untuk wiper belakang. Wiper akan bergerak otomatis membersihkan kaca bagian belakang saat terjadi hujan.
- One Touch Tumble
Kursi penumpang di Sigra bisa dilipat dengan kombinasi 60:40. Untuk melipat bangku baris kedua pemilik mobil tidak perlu repot karena hanya perlu menekan tombol yang ada di kursi baris kedua, secara otomatis jok akan rebah, memudahkan penumpang paling belakang keluar dari mobil.
Harga – Harga Daihatsu Sigra Bekas
Hadir pertama kali di tahun 2016, Daihatsu Sigra menjadi model MPV murah yang banyak dibeli orang. Rata-rata merupakan pembeli mobil pertama, tapi tidak sedikit juga menjadi mobil kedua bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi tinggi.
Banyaknya peminat model LCGC 7 penumpang ini membuat harga bekasnya lumayan stabil di pasaran mobil bekas. Keluaran pertama dengan tipe paling bawah masih bisa dibeli dengan harga Rp 80 jutaan.
Sementara untuk varian paling tinggi, Sigra 1.2 R Deluxe tahun pembuatan 2019 banyak dijual dengan harga kisaran Rp 130 jutaan. Selisih harganya hanya berkisar Rp 30 juta dengan model terbaru produksi 2020.
· Tahun : 2016, 2017, 2018, 2019
Cek disini untuk Daihatsu Sigra Bekas harga termurah sampai tertinggi
Skema Cicilan Daihatsu Sigra bekas di BCA Finance
Tips Membeli Daihatsu Sigra Bekas
Masa pandemi saat ini, adalah tepat jika berpikir memiliki kendaraan pribadi atau mobil sendiri. Beraktivitas tanpa harus khawatir kontak fisik di angkutan umum bisa terwujud saat memiliki mobil sendiri.
Daihatsu Sigra bekas tentu jadi rujukan bagi orang yang ingin memiliki mobil pribadi tanpa harus khawatir kantong jebol. Selain harga murah, rata-rata kondisinya masih bagus karena baru diluncurkan di tahun 2016.
Tetapi untuk memutuskan beli mobil Daihatsu Sigra bekas, terlebih dulu harus memiliki siasat jitu agar tidak regi. Berikut adalah tips membeli mobil bekas :
- Tentukan Tujuan dan Fungsi
Rencana membeli mobil harus disesuaikan dengan peruntukannya masing-masing. Mobil untuk keperluan menampung banyak orang serta nyaman tentu pilihannya ada pada model MPV. Dalam menetapkan jenis mobil yang cocok harus mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari jarak tempuh, kondisi medan, kelengkapan fitur, dan kapasitas penumpang.
- Pertimbangkan Soal Harga
Variabel yang paling banyak menentukan keputusan orang membeli mobil adalah harga. Siapkan bujet dari awal dan sesuaikan dengan kemampuan finansial. Jika mobil incaran sesuai kebutuhan serta harganya sesuai dengan bujet yang dimiliki, baru masuk ke tahap lebih serius. Jangan lupa untuk mempertimbangkan opsi pembelian secara kredit.
- Pilih Penjual yang Kooperatif
Jika mencari mobil bekas lewat platform online seperti OLX, sebaiknya memilih penjual yang menyertakan identitas serta kontak jelas, untuk mempermudah komunikasi saat transaksi berlanjut.
Usahakan untuk menggali lebih banyak lagi informasi soal mobil Sigra bekas yang diincar. Mulai dari kemungkinan negosiasi, harga penawaran, riwayat kendaraan, kelengkapan dokumen pendukung, dan sebagainya.
Kalau sudah yakin, atur pertemuan untuk bisa melihat kondisi mobil secara langsung. Disini juga bisa dilihat bagaimana kooperatif penjual dalam melayani keinginan kita untuk membeli mobil. Kalau ternyata dirasa kurang kooperatif, lebih baik mencari opsi penawaran mobil Sigra lainnya.
- Cek Kondisi Kendaraan Secara Menyeluruh
Lakukan pemeriksaan menyeluruh kondisi mobil bekas sesuai kesepakatan waktu. Mulailah dengan mengecek buku servis guna mengetahui riwayat mobil sekaligus menilai seberapa baik pemilik sebelumnya melakukan perawatan.
Jika awam soal otomotif, sebaiknya mengajak montir kepercayaan. Mereka yang mempunyai banyak pengalaman serta wawasan akan lebih jeli serta komprehensif dalam pengecekan. Hasil pengecekan tersebut dapat digunakan guna menilai kelayakan penawaran harga terhadap kondisi mobil Daihatsu Sigra bekas. Pastikan juga untuk menyempatkan test drive agar semakin yakin.
- Cek Surat-Surat
Transaksi mobkas harus disertai BPKB beserta STNK asli sebagai bukti sah kepemilikan mobil. Periksa kelengkapan sekaligus keaslian dokumen tersebut. Bila pihak penjual tidak dapat memenuhinya, jangan diteruskan.
Jangan lupa untuk mengecek riwayat pembayaran pajak mobil Sigra bekas yang diincar. Sebenarnya asal kondisi mobil bagus dan masih seperti baru tapi pajaknya mati, setidaknya ini bisa menjadi senjata untuk bisa menekan harga dari penjual. Sesuaikan dengan perkiraan berapa dana yang dibutuhkan untuk menghidupkan kembali pajak mobil tersebut.
Spesifikasi Daihatsu Sigra Semua Tipe/Varian
Dimensi | |
Jarak terendah | 180 mm |
Tinggi | 1600 mm |
Panjang | 4070 mm |
Radius Putar | 4,5 m |
Jarak sumbu roda | 2525 mm |
Lebar | 1655 mm |
Mesin | |
Isi Silinder | 1197 cc |
Tipe drive | front-wheel-drive |
Konfigurasi mesin | 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 36 |
Jenis bahan bakar | Bensin |
Jumlah silinder | 4 |
Konfigurasi Transmisi | Automatic 4-speed |
Tenaga | 88 ps/6,000 rpm |
Torsi | 108 kg.m/4,200 rpm |
Suspensi & Rem | |
Rem Depan | Ventilated disc |
Suspensi depan | MacPherson Strut |
Rem Belakang | Drum/Tromol |
Suspensi belakang | Semi Independent Torsion Axle Beam |
Velg & Ban | |
Ukuran ban | 175/65 |
Material velg | 14-inch Polished Alloy wheels |
Keselamatan Aktif | |
Anti lock Braking System | Ya |
Brake Assist | Tidak |
Electronic Brake Distribution | Ya |
Sensor parkir | Ya |
Rearview Camera | Ya |
Uphill & Downhill Assist Control | Tidak |
Vehicle Stability Control System | Tidak |
Keselamatan Pasif | |
Airbag system | Dual SRS Airbag |
Child safety locks | Tidak |
ISOFIX | Tidak |
Keamanan | |
Engine Immobilizer | Ya |
Kenyamanan | |
AC | Manual AC |
Pengaturan posisi setir | Fix |
Ambient Lights | Tidak |
Lingkar Kemudi dengan Tombol Multi Fungsi | Tidak |
Cruise Control | Tidak |
Engine start stop button | Tidak |
Front & Rear Defogger | Tidak |
Power window depan | Ya |
Gearshift paddle | Tidak |
Head-up Display | Tidak |
Headrest | Fix |
Keyless entry | Tidak |
Power outlet | Ya |
Power rear/trunk door | Tidak |
Power steering | Ya |
Lampu baca | Halogen |
Kursi lipat belakang | 60/40 |
Kapasitas tempat duduk | 7 |
Bahan tempat duduk | Fabric |
Vanity mirror | Ya |
Eksterior | |
Lampu kabut depan | Halogen |
Jenis lampu depan | LED combination |
Kaca spion | Electric with retractable mirrors |
Roof rack and rail | Tidak |
Pijakan samping | Tidak |
Spoiler | Tidak |
Sunroof | Tidak |
Jenis lampu belakang | Halogen |
Hiburan & Komunikasi | |
Audio | Touch screen head unit monitor |
Lain-lain | |
Corner Sensor | Ya |
Review Daihatsu Sigra Terbaru 2021
Versi facelift sudah meluncur di Oktober 2019 lalu. Secara keseluruhan untuk performa memang tidak banyak berbeda dengan versi keluaran pertama di 2016. Daihatsu Sigra terlihat lebih manis dengan ubahannya. Sementara untuk performa tidak ada perubahan, karena memang tidak dilakukan improvement pada bagian mesin.
OLX termasuk salah satu media yang berkesempatan menguji Daihatsu Sigra facelift tersebut lewat acara media test drive dari Jakarta menuju Bandung.
Yang menjadi perhatian dalam sesi pengujian tersebut, apakah Sigra masih ambles saat diisi 7 penumpang?
Memang di awal kehadirannya, Daihatsu Sigra sempat dihantam isu terkait amblesnya shock bagian belakang saat kapasitas penumpang diisi penuh.
Begitu dites, memang secara kasat mata bagian belakang tetap terlihat ambles, namun tetap bisa bergerak dengan normal.
“Mobil ini mobil keluarga, kalau keluarga tujuh orang itu pastinya bukan bapaknya semua. Konsepnya mobil keluarga adalah ada ayah, ibu, anak. Kalau diisi tujuh orang segede bapak keluarga, itu bukan mobil keluarga. Mobil bapak-bapak,” ungkap Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT ADM menjawab secara logis.
Menurut Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, Daihatsu Sigra pernah dijajal oleh tujuh orang dewasa. Meski begitu, ketika melewati tanjakan di wilayah Padasuka, Bandung, tidak jadi masalah.
“Logikanya begini, jangankan mobil passanger, mobil komersial saja juga ada batasannya, berapa ton, kalau nggak per nya patah. Jadi, mobil keluarga pasti ada batasannya,” tutur Hendrayadi.
Sebaiknya untuk sebuah mobil keluarga maka digunakan secara normal oleh keluarga dengan bobot yang normal.
Daihatsu sendiri mengklaim bahwa sudah dilakukan perubahan pada suspensi belakang Sigra facelift. Meski demikian, bobot muatan mobil sudah ada batasannya sendiri, sehingga sangat dianjurkan untuk mengisinya secara normal.