Sabtu, April 26, 2025
Lainnya
    OtomotifMobilPercaya Diri di Tanjakan Bersama All New Ertiga AT

    Percaya Diri di Tanjakan Bersama All New Ertiga AT

    All New Ertiga AT (Automatic) menjadi produk Suzuki yang dipercaya mampu melibas tanjakan tanpa rasa cemas, benarkah?

    OLX News – Jalur tanjakan terkadang jadi momok menakutkan bagi pengendara mobil dengan transmisi otomatis. Tapi bagi Suzuki All New Ertiga AT, ini bukan suatu hal yang menakutkan.

    - Advertisement -

    Jalur menanjak memang sering kali menjadi ujian sulit bagi mereka yang sedang melibas jalan pegunungan, apalagi jika terjebak dalam kemacetan. Mobil ndelosor mundur, atau kurangnya momentum mobil agar kuat menanjak, merupakan kekhawatiran yang wajar.

    Masalah ini akan jadi lebih rumit lagi ketika kendaraan tersebut menggunakan transmisi otomatis.

    - Advertisement -

    Rasa khawatir inilah yang dijawab oleh Suzuki dengan hadirnya All New Ertiga AT. Mengenai kemampuan All New Ertiga AT dijelaskan oleh Hariadi, Asisten Kepala Departemen Aftersales Servis PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

    “Teknologi yang tepat bisa menjadikan tanjakan bukan lagi sebagai hambatan. Transmisi modern berserta fitur canggih pada All New Ertiga AT memberikan pengalaman berkendara yang lebih lancar, bahkan di jalanan yang menantang,” jelasnya dalam keterangan resmi.

    - Advertisement -

    All New Ertiga AT didesain untuk memberikan kinerja terbaik, khususnya kemampuan menanjak di medan pegunungan, bahkan model MPV ini juga dibekali dengan fitur keselamatan yang modern.

     

    Hebatnya, mobil ini mampu memberikan tingkat kenyamanan tambahan ketika kamu terjebak dalam kemacetan. Sehingga bisa diyakinkan bahwa All New Ertiga AT menjadi pilihan yang tepat.

    Tips Menaklukkan Tanjakan Bersama All New Ertiga AT

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga memberikan beberapa tips sederhana untuk menaklukan tanjakan dengan mudah, diantaranya adalah:

    Pastikan Tuas Transmisi Otomatis Ditempatkan dengan Benar

    Ketika kamu sedang berada di medan pegunungan, dimana tanjakan, turunan serta kelokan mendominasi perjalanan, maka perhatikan posisi tuas transmisi yang tepat.

    Tempatkan tuas transmisi pada posisi ‘Drive’ (D). Untuk tanjakan yang lebih curam, pilih mode L atau 2, sehingga tenaga kendaraan tetap terjaga tanpa perlu percepatan berlebihan.

    Dengan menempatkan posisi transmisi tersebut dengan tepat, maka dipastikan tenaga dapat maksimal dan kamu bisa percaya diri menaklukkan tanjakan.

    Manfaatkan Fitur Hill Hold Control (HHC)

    Hill Hold Control (HHC) pada  All New Ertiga AT sangat membantu saat berhenti di tanjakan. Fitur ini secara otomatis menahan rem selama beberapa detik setelah pedal bisa dilepaskan.

    Kemudian memberikan kesempatan kepada pengemudi untuk berpindah ke pedal akselerator. Sehingga mobil tidak mundur, tentunya cara ini membuat mobil berjalan dengan halus di tengah tanjakan.

    Keunggulan All New Ertiga AT juga terletak pada penggunaan torque converter dalam sistem transmisinya. Sistem ini menggunakan hidrolik untuk menggantikan kopling manual dan menyalurkan daya dari mesin ke transmisi.

    Beberapa kelebihan yang dimaksud antara lain:

    • Efisiensi Perpindahan Gigi

    Torque converter memungkinkan peralihan gigi yang lebih halus dan responsif. Sistem hidrolik meminimalkan slip, bahkan saat di tanjakan atau dalam kemacetan. Jika kamu mencoba All New Ertiga AT maka kamu akan merasakan kenyamanan ketika mengendarainya, dan terasa tanpa hentakan.

    • Ketahanan yang Tinggi

    Suzuki merancang komponen transmisi AT agar lebih tahan lama, dan jika dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis lainnya, Ertiga lebih baik. Bahkan sistem ini akan memberikan kinerja yang optimal dalam berbagai kondisi tanpa cepat rusak atau aus. Jadi komponennya lebih awet dibandingkan yang lainnya.

    • Biaya Perawatan yang Ekonomis

    Ketika semua menggunakan bahan yang berkualitas dan rancangan sistem yang maksimal, tentunya hal yang paling menguntungkan pengguna All New Ertiga AT adalah perawatan murah.

    Banyak orang membandingkan perawatan mobil transmisi manual dengan otomatis (AT), lebih susah merawat transmisi AT. Tapi Suzuki membuatnya menjadi mudah, yaitu dengan mengganti oli transmisi secara rutin sesuai panduan perawatan kendaraan.

    Suzuki merancang transmisi otomatis untuk memberikan pengalaman kepada pengemudi, ketika melakukan peralihan gigi yang mulus tanpa semburan tenaga mendadak.

    Teknologi HHC memastikan kendaraan tetap stabil saat menghadapi tanjakan, yang mengurangi kemungkinan mobil mundur. Sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri pengemudi.

    Selain itu, pengemudi tidak perlu repot menginjak kopling atau melakukan perpindahan gigi secara manual.

    Sistem hidrolik yang ada mempermudah peralihan gigi, memungkinkan pengemudi untuk tetap berkonsentrasi tanpa teralihkan masalah teknis kendaraan.

    Selain di All New Ertiga, sistem transmisi AT ini juga dapat ditemukan pada model Suzuki lainnya, seperti New XL7, Grand Vitara, Baleno, dan Jimny.

    Itulah beberapa alasan kenapa All New Ertiga AT mampu melahap tanjakan tanpa rasa khawatir. (TP/Z)


     

     

    Populer
    Tony Prasetyo
    Tony Prasetyo
    Producing, analyzing and publishing original and high quality SEO articles.
    Berita Terkait