THREADS BERENCANA MENGUCAPKAN SELAMAT TINGGAL PADA FITUR GRATIS KARENA ADA IKLAN MULAI TAHUN DEPAN.
JAKARTA – Threads, platform media sosial besutan Meta yang sempat digadang-gadang sebagai pesaing serius X, bersiap memasuki babak baru. Setelah sukses meraup jutaan user dalam waktu singkat, platform ini akan mulai menampilkan iklan mulai awal tahun depan.
Informasi ini terungkap dari laporan terbaru The Information yang menyebutkan bahwa Meta akan secara bertahap mengizinkan sejumlah pengiklan buat memasang iklan di platform ini mulai Januari 2025.
Keputusan ini ada lantaran pertumbuhan user platform ini yang sangat pesat. Hingga saat ini sudah mencapai 275 juta user dengan tambahan satu juta user baru setiap harinya.
Dari Threads Gratis ke Monetisasi
Sebelumnya, Meta sempat menyatakan bahwa monetisasi platform ini akan membutuhkan waktu bertahun-tahun. Namun, melihat potensi besar yang plaform ini punya, perusahaan tampaknya ingin mempercepat proses tersebut.
Meskipun begitu, CFO Meta Susan Li menegaskan bahwa platform ini tidak akan menjadi pendorong pendapatan yang signifikan pada tahun 2025.
Rencana buat menghadirkan iklan di platform ini sebenarnya sudah terprediksi sejak lama. Head of Instagram Adam Mosseri pernah menjelaskan bahwa setiap bisnis, termasuk Threads, membutuhkan sumber penghasilan buat membiayai operasional dan pengembangan platform.
Pertumbuhan Pesat dan Persaingan Sengit
Kehadiran platform ini telah mengguncang pasar media sosial, terutama setelah pemilihan presiden AS tahun 2024. Platform ini berhasil menarik jutaan user yang mencari alternatif dari X. Pertumbuhan yang serupa juga Bluesky alami, yaitu platform alternatif X lainnya.
Namun, berbeda dengan platform besutan Meta, Bluesky berencana memonetisasi platformnya melalui layanan berlangganan. Sementara itu, platform dari Meta ini memilih buat mengikuti jejak platform media sosial lainnya dengan menampilkan iklan.
Apa Dampaknya bagi Pengguna?
Tentu saja, kehadiran iklan akan mengubah user experience-nya. Meskipun Meta belum memberikan detail mengenai format iklan yang akan ada di halaman user-nya. Akan tetapi pastinya tampilan beranda platform ini akan semakin ramai.
Di sisi lain, kehadiran iklan juga menandakan bahwa platform ini semakin serius dalam bersaing di pasar media sosial. Dengan sumber penghasilan yang lebih stabil, harapannya Meta bisa terus mengembangkan fitur-fitur baru dan menaikkan kualitas layanannya.
Tanggapan Meta
Ketika dikonfirmasi mengenai rencana ini, juru bicara Meta menyatakan bahwa prioritas utama perusahaan saat ini adalah membangun nilai bagi user. Namun, pernyataan tersebut tidak membantah informasi mengenai kehadiran iklan di platform ini.
“Karena prioritas pertama dan utama kami adalah membangun nilai buat konsumen, saat ini tidak ada iklan atau fitur monetisasi di Threads,” kata juru bicara Meta, dari kutipan di Engadget, Senin (18/11/2024).
Secara keseluruhan keputusan Meta buat menampilkan iklan di Threads merupakan langkah strategis, demi memastikan keberlangsungan platform ini.
Sama seperti bisnis lainnya, platform media sosial juga perlu mencari sumber pendapatan. Nah, bagi kamu yang ingin memperoleh sumber pendapatan lain, jangan lewatkan kesempatan buat berjualan gadget atau barang bekas lainnya di OLX. Tersedia juga gadget bekas dengan berbagai kualitas di sini.
(RK)