OLX News – Ducati Indonesia telah secara resmi meluncurkan Ducati Panigale V4 7G atau generasi ketujuh, dengan memberikan beberapa perubahan.
Dengan mengimplementasikan berbagai teknologi dari MotoGP, bobotnya berkurang 2 kilogram dibandingkan model sebelumnya
Diperkenalkan dalam model Panigale V4 Base yang dibanderol Rp 1 miliar untuk harga off the road, serta Panigale V4 S yang dijual pada harga Rp 1,250 juta juga off the road.
Transformasi yang terjadi pada Ducati Panigale V4 7G dianggap cukup kontroversial, sebab terdapat berbagai pendapat dari para penggemar sepeda motor terkait perubahan yang dilakukan oleh Ducati.
Memang bisa dikatakan bahwa inovasi yang ada di Panigale terbaru ini menunjukkan perbedaan signifikan jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.
Wajah barunya hadir dengan reflektor yang lebih ramping. Generasi ketujuh Ducati Panigale V4 ini tidak hanya dikelilingi teknologi canggih dan desain menawan.
Beberapa perubahan dari Ducati Panigale V4 7G adalah:
Desain Ducati Panigale Baru
Desainnya terinspirasi oleh Ducati 916 yang legendaris, mempertahankan elemen ergonomis dan aerodinamis dari Desmosedici GP untuk meningkatkan performa berkendara di sirkuit.
Desain lampunya yang minimalis terinspirasi oleh bentuk 916, dilengkapi dengan lampu siang hari berbentuk V ganda yang menjadi ciri khas Ducati.
Dilihat dari samping, desain fairing generasi terbaru ini tampak lebih sederhana dengan lekukan yang minim. Tampilan depannya terlihat bersih karena saluran udara kini lebih sederhana.
Begitu juga dengan posisi spion, kini tidak diletakkan di fairing depan tetapi tersembunyi di balik fairing, sehingga saat spion dilepas tidak akan meninggalkan bekas di bodi motor.
Fairing baru ini mengklaim mampu mengurangi hambatan aerodinamis hingga 4% dan memberikan perlindungan lebih baik bagi pengendara dengan menciptakan gelembung udara yang tenang.
Ergonomi Baru
Perubahan pada kerangka dan bodi secara keseluruhan cukup signifikan dalam mempengaruhi kenyamanan berkendara.
Tata letak baru dari Ducati Panigale V4 dirancang untuk mencapai dua sasaran utama, yaitu meningkatkan aerodinamika pengendara serta kontrol motor saat berada di sirkuit.
Rancangan Tangki Lebih Ramping
Desain tangki dan jok yang lebih lebar memberi kebebasan bergerak dan membuat posisi di fairing lebih nyaman, dengan lekukan khusus untuk mencegah helm terganggu saat pengendara merapat.
Bagian belakang tangki dan desain jok memberikan dukungan optimal ketika melakukan pengereman dan menikung tanpa menghalangi pergerakan, berkat bentuk belakang tangki yang lebih ramping.
Pengendara dapat lebih baik menahan tubuh dengan lutut, sehingga mengurangi ketegangan di lengan dan mengurangi rasa lelah.
Sasis Turunan MotoGP Untuk Ducati Panigale V4

Untuk meningkatkan performa, Ducati Corse melakukan modifikasi pada kekakuan rangka dan swingarm untuk memaksimalkan potensi ban slick baru di Superbike.
Dengan mempertahankan grip di sudut kemiringan lebih dari 60° serta kekakuan longitudinal yang mendukung akselerasi dan pengereman yang optimal.
Ducati telah mengembangkan Front Frame dan Swingarm Simetris Berongga baru yang inovatif dan ringan, memungkinkan posisi knalpot tetap berada di bawah mesin.
Swingarm yang baru ini mengurangi kekakuan lateral sebanyak 37% dan juga mengurangi bobot, yang selanjutnya meningkatkan traksi dan respons pengendara saat berakselerasi.
Roda belakang lebih ringan hingga 2,7 kg, yang memperbaiki transfer tenaga ke permukaan jalan, sementara roda paduan aluminium pada Ducati Panigale V4 S memiliki bobot hanya 2,95 kg di depan dan 4,15 kg di belakang.
Front Frame dari Panigale V4 yang terbaru lebih ringan (3,47 kg) dan 40% lebih kaku secara lateral, meningkatkan rasa percaya diri saat berbelok dan mengambil tikungan.
Suspensi elektronik Öhlins NPX/TTX menawarkan lebih banyak pilihan penyesuaian untuk kenyamanan saat berkendara di jalan dan performa di sirkuit, dengan respons katup hidrolik yang jauh lebih cepat.
Motor ini menggunakan kaliper rem Brembo HypureTM, yang lebih ringan (berkurang 60 gram) dan lebih efektif dalam mengelola panas, sehingga meningkatkan konsistensi saat pengereman.
Mesin Balap Turunan
Ducati Panigale V4 7G menawarkan performa lebih kuat dan bobot yang lebih ringan, dengan menggunakan mesin Desmosedici Stradale yang terinspirasi oleh mesin dari ajang MotoGP.
Mesin V4 dengan sudut 90° ini mengusung sistem desmodromik, poros berputar berlawanan, dan ritme Twin Pulse yang memberikan suara yang mirip dengan Desmosedici GP.
Walaupun telah mencapai standar Euro 5+, Desmosedici Stradale pada model terbaru Panigale V4 kini mendapatkan perubahan pada distribusi cam dengan profil dan angkat yang lebih tinggi.
Alternator dan pompa oli didapat dari Panigale V4 R, sedangkan bagian drum gearbox-nya diadopsi dari Superleggera V4.
Saluran masuk yang memiliki panjang bervariasi menawarkan jarak aliran yang lebih besar, yakni 25 mm untuk pengaturan pendek dan 80 mm untuk pengaturan panjang.
Ditenagai oleh mesin dengan standar Euro5+, yang mampu menghasilkan tenaga 218,9 ps pada 13.500 rpm dan torsi 120,5 Nm pada 11.250 rpm.
Angka ini masih dapat ditingkatkan hingga 231,1 ps dengan menggunakan knalpot balap dari Ducati Performance berlabel Akrapovič.
Itulah beberapa perubahan dari Ducati Panigale V4 7G yang mulai dipasarkan dengan harga mulai Rp1 miliar.