OLX News – Wewangian merupakan aroma yang menarik saat dihirup. Untuk penggunaan harian ada 5 brand parfum lokal terbaik yang bikin kamu segar dan menarik.
Indonesia mampu menyediakan 90% bahan baku minyak atsiri dari tanaman nilam. Bahan ini biasa digunakan dalam pembuatan parfum.
Sebagai negara yang merupakan penghasil minyak atsiri terbesar di posisi keenam secara global, jelas bahwa Indonesia pantas mengembangkan industri parfum lokal.
5 Brand Parfum Lokal Terbaik
Saat ini, berbagai brand parfum lokal terbaik sedang berusaha menguasai pasar, terutama dalam e-commerce di tanah air. Berikut daftarnya, diantaranya adalah:
1.HMNS
Didirikan pada tahun 2019, merek yang diucapkan sebagai Humans ini berhasil mencapai pendapatan penjualan hingga Rp5.2 miliar dari September hingga Oktober 2022.
Pencapaian ini menobatkan HMNS pemimpin pasar 10,64%. HMNS juga membuktikan bahwa usia yang masih muda bukanlah penghalang bagi pendatang baru untuk mendominasi pasar e-commerce.
Ini justru menunjukkan bahwa merek parfum lokal yang baru diluncurkan memiliki strategi unggul yang membedakannya dari pemain lama.
Strategi yang diterapkan HMNS adalah membawa konsep Made for Humans dan menamakan Amber untuk semua produknya.
Sedangkan Amber adalah salah satu bahan dalam parfum terkenal tahan lama dan dapat menyatu dengan aroma tubuh pengguna.
Tidak hanya itu, HMNS juga memiliki pendekatan khusus dalam pemasaran yang dikemas dengan cara bercerita. Dalam cerita tersebut, brand ini mengajak audiens untuk terlibat.
Kesan premium bagi pengguna. Hal ini juga terlihat dari harga rata-rata produk yang ditetapkan sekitar Rp343.109 per item di e-commerce.
2.Evangeline
Brand parfum lokal terbaik lainnya adalah Evangeline di bawah PT Griff Prima Abadi (Griff Kosmetik), dengan pendapatan penjualan mencapai Rp4.2 miliar.
Jika dibandingkan dengan merek sebelumnya, Evangeline juga memiliki kelebihan yang membuat produknya diminati banyak konsumen.
Dengan harga rata-rata Rp24.602 per item, merek ini menawarkan aroma yang terjangkau dan bisa diakses oleh berbagai kalangan.
Tidak mengherankan jika salah satu produknya terjual hingga 15.000 unit dalam dua bulan. Evangeline Parfum Wanita EDP Black Sakura 100 ml menjadi produk terlaris
Bukan hanya dari sisi harga yang menjadi fokus, Evangeline juga berusaha meyakinkan konsumen tentang kualitas produknya melalui berbagi testimoni dan menggandeng sejumlah artis terkenal.
Beberapa artis seperti Nagita Slavina, Raffi Ahmad, dan Ria Ricis terlihat berkolaborasi untuk mempromosikan parfum lokal ini.

3.Kahf
Merek yang dimiliki oleh PT Paragon Technology & Innovation (PTI) ini ditujukan khusus untuk pria. Kahf berhasil mencapai pendapatan penjualan sekitar Rp2 miliar dengan pangsa pasar sebesar 4,12%.
Produk parfum dari Kahf mempunyai ciri khas tersendiri karena desain kemasannya yang unik dan cenderung gelap, menciptakan kesan maskulin.
Dari sisi harga, parfum ini berada di kategori standar dengan harga rata-rata Rp64.020. Di tengah pertumbuhan industri parfum di Indonesia, Kahf mencoba menawarkan produk yang memberikan kesan mewah dengan harga terjangkau.
Merek ini juga berusaha untuk memperkuat citranya yang sesuai dengan karakter konsumennya dan menggunakan tagline Jalan yang Kupilih.
Tagline tersebut diambil sebagai komitmen Kahf untuk memberikan dampak positif dengan menemani pria dalam setiap pilihan yang mereka buat melalui produk parfumnya.
4.Saff & Co.
HMNS, Saff & Co menjadi salah satu brand parfum lokal terbaik yang bersaing di pasar Indonesia. Dengan pangsa pasar sebesar 3,98%, merek ini menghasilkan pendapatan penjualan yang hampir setara dengan Kahf.
Dalam hal penjualan, Saff & Co. menetapkan harga rata-rata produk sebesar Rp146.847. Produk yang paling laku dari merek ini adalah Saff & Co. Extrait de Parfum – CHNO, yang terjual sekitar 2.000 unit.
Berbeda dengan merek parfum lainnya yang umumnya menggunakan kemasan mewah atau maskulin, Saff & Co. mengambil pendekatan yang berbeda.
Mereka merilis produk dengan kemasan yang sederhana tetapi tetap terlihat elegan. Kemasan ini dianggap ramah untuk pelancong dan dapat digunakan oleh semua kalangan karena bersifat unisex.
5.Farah Parfum
Merek yang berdiri sejak 2017 ini menduduki posisi kelima dengan pendapatan penjualan sebesar Rp1,8 miliar.
Sukses Farah Parfum memungkinkannya untuk menguasai pasar di e-commerce dengan pangsa pasar 3,59%.
Farah Parfum menyediakan berbagai aroma untuk pria dan wanita. Dengan harga rata-rata Rp116.240, merek ini menawarkan aroma lembut dengan ukuran yang bervariasi.
Terdapat tiga variasi ukuran yang ditawarkan oleh Farah Parfum, yaitu 35 ml, 60 ml, dan 100 ml. Sementara produk terlarisnya adalah Farah Parfum Black Opium Women, yang habis terjual sekitar 2.000 unit.
Dalam strategi promosinya, Farah Parfum fokus memasarkan produknya melalui TikTok dengan klaim sebagai “No.1 Inspired Perfume in Indonesia dan BPOM Certified”.
Untuk menarik banyak orang, merek ini menyajikan promosi dalam bentuk video yang mirip dengan konten TikTok pada umumnya.
Itulah 5 brand parfum lokal terbaik yang bisa kamu gunakan untuk harian atau acara khusus yang membuat kamu semakin percaya diri. (TP/Z)