Perbedaan logo Honda mobil dan Honda motor ternyata memiliki sejarah di baliknya.
News.OLX – Kira-kira kenapa ya logo Honda mobil berbeda dengan logo Honda motor? Honda, perusahaan otomotif kenamaan asal Jepang, mempertahankan keunikan dengan menggunakan logo yang berbeda untuk produk motor dan mobilnya.
Kedua logo ini dianggap merefleksikan karakteristik masing-masing produk, membawa nuansa sejarah dan filosofi yang berbeda.
Lantas, bagaimana sejarah Honda mobil dan Honda motor bisa memiliki logo yang berbeda? Berikut selengkapnya.
Sejarah logo Honda motor
Kisah bermula pada tahun 1948 ketika Soichiro Honda mendirikan sebuah pabrik piston pada usia 21 tahun, mewujudkan hasratnya dalam bidang teknik mesin.
Meskipun pabrik tersebut tidak mencapai kesuksesan yang diharapkan, Honda tidak menyerah. Setelah menjual sisa-sisa pabriknya yang hancur kepada Toyota, ia bermitra dengan Takeo Fujisawa untuk mendirikan Honda Motor Company di Hamamatsu, Jepang, pada tahun 1949.
Logo perusahaan dipilih sebagai sayap, terinspirasi dari Dewi Nike dalam mitologi Yunani, yang merupakan Dewi Kemenangan.
Sayap ini mencerminkan harapan Honda untuk meraih kesuksesan, dan meskipun logo mengalami beberapa perubahan, ciri khasnya tetap terjaga dengan warna merah sebagai elemen utama pada logo motor Honda.
Memulai bisnis mobil
Pada tahun 1962, Honda memasuki dunia mobil dengan produksi pertamanya, Honda T360, yang menampilkan logo Honda di bagian depan. Logo untuk Honda mobil ini memperlihatkan huruf H, merepresentasikan huruf awal dari nama pendiri, Soichiro Honda.
Selain itu, bentuk huruf H pada logo juga diartikan sebagai sandaran tangan di kursi mobil, menandakan kenyamanan produk Honda mobil Honda penggunanya.
Pada tahun 2000, logo Honda mobil mengalami perubahan, dengan kesan elegan dari huruf H yang diwarnai abu-abu metalik bergradasi, ditambah dengan tulisan “Honda” di bagian bawahnya.
Di sisi lain, logo motor Honda terakhir kali mengalami perubahan pada tahun 1988. Lebih dari 70 tahun berdiri, Honda mobil dan Honda motor tetap setia pada filosofi awal dari setiap logo mereka.
Soichiro Honda memiliki alasan mendasar di balik perbedaan logo ini, yakni untuk menciptakan keberlanjutan bisnis.
Dengan memiliki logo yang berbeda untuk mobil dan motor, jika salah satu bisnis mengalami kesulitan, Honda dapat mengandalkan bisnis lainnya.
Kini, Honda melangkah lebih optimis dalam menghadapi dinamika industri otomotif. Produk mobil dan motor mereka terus mengalami evolusi, terus menawarkan keunggulan di kelasnya, mencerminkan semangat inovatif dan komitmen Honda terhadap kenyamanan dan keberhasilan.
Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!