Pelajari makna tersembunyi di balik 15 logo mobil paling berpengaruh di dunia.
JAKARTA – Dari kuda jingkrak Ferrari hingga bintang tiga Mercedes-Benz, setiap logo mobil punya cerita unik di balik desainnya. Ada brand yang mempertahankan logonya selama puluhan tahun, sementara yang lain memilih berevolusi mengikuti zaman.
Ini dia 15 logo mobil paling terkenal di dunia, bukan hanya dari segi desain, tetapi juga makna dan strategi branding di baliknya.
1. Ferrari
Logo Ferrari berasal dari lambang pilot tempur Italia, Francesco Baracca. Kuda jingkrak ini diberikan kepada Enzo Ferrari sebagai simbol keberanian dan keberuntungan di lintasan balap.
Sementara itu, warna kuning khasnya mencerminkan kota Modena. Uniknya, sejumlah model Ferrari, seperti FXX-K Evo, justru tidak memakai logo ini untuk kesan lebih agresif.
2. Mercedes-Benz
Bintang tiga Mercedes-Benz melambangkan dominasi darat, laut, dan udara. Kini, logo tersebut lebih identik dengan inovasi dan prestige. Desainnya yang minimalis tetap bertahan selama puluhan tahun, bukti kalau kesederhanaan bisa tetap elegan.
3. BMW
Meski banyak yang mengira logo mobil BMW melambangkan baling-baling pesawat, sebetulnya warna biru dan putihnya berasal dari bendera Bavaria. Evolusi desainnya kini lebih clean dan futuristik. Hal ini mencerminkan fokus BMW pada mobil listrik dan teknologi digital.
Selain itu, logo transparan BMW kini lebih sering mejeng di mobil listriknya.
4. Toyota
Tiga oval dalam logo mobil Toyota melambangkan hubungan pelanggan, produk, dan inovasi. Uniknya, bentuk oval ini juga bisa membentuk huruf-huruf dalam kata “TOYOTA”, menjadikannya salah satu logo dengan desain paling fungsional. Filosofi ini juga tercermin dalam desain model mobil Toyota terbaru.
5. Honda
Di sisi lain, logo Honda bukan sekadar huruf “H”. Bentuknya justru menyerupai seseorang yang mengangkat tangan. Bentuk tersebut rupanya mewakili filosofi “The Power of Dreams”. Honda masih mempertahankan desain ini sebagai simbol kepercayaan dan stabilitas.
6. Volkswagen
Logo mobil VW yang terdiri dari huruf “V” dan “W” bertumpuk punya sejarah panjang, dari era Perang Dunia sampai sekarang yang jadi simbol mobil rakyat yang inovatif. Sebaliknya, rebranding terbaru mengusung desain lebih minimalis dan digital-friendly sebagai simbol peralihan VW ke mobil listrik.
7. Ford
Awalnya cuma berupa tanda tangan sang pendiri perusahaan, logo mobil Ford berevolusi jadi oval biru yang masih iconic hingga kini. Bentuknya masih simpel untuk mencerminkan nilai keandalan dan inovasi khas Ford. Faktanya, warna biru khas Ford disebut sebagai “Trust Blue” untuk membangun kepercayaan konsumen.
8. Lamborghini
Lamborghini sendiri memilih banteng sebagai logo lantaran pendirinya, Ferruccio Lamborghini, berzodiak Taurus dan mengagumi kekuatan hewan ini. Logo emas dan hitamnya kian memperkuat kesan agresif dan eksklusif khas mobil super.
9. Audi
Logo empat cincin Audi melambangkan penyatuan empat perusahaan otomotif Jerman pada 1932. Kini, desainnya lebih ramping dan modern yang sesuai dengan identitas Audi sebagai pemimpin inovasi teknologi di industri otomotif.
10. Porsche
Berikutnya, ada logo mobil Porsche yang menggabungkan lambang kota Stuttgart dan keluarga Porsche. Menariknya, desain ini nyaris tak berubah sejak pertama kali diperkenalkan.
11. Tesla
Logo Tesla sendiri juga bukan sekadar huruf “T” biasa. Bentuknya pun menyerupai penampang motor listrik yang selaras dengan visi futuristik perusahaan tersebut. Desainnya minimalis yang mencerminkan era baru industri otomotif berbasis energi terbarukan.
12. Nissan
Dulu berbentuk lingkaran dengan nama di tengah, logo mobil Nissan kini lebih kontemporer. Perubahan ini merepresentasikan transisi Nissan ke era mobil listrik dan teknologi ramah lingkungan. Selain itu, filosofi ini juga tercermin dalam daftar mobil Nissan Indonesia.
13. Chevrolet
Sementara itu, logo mobil dasi kupu-kupu (bowtie) Chevrolet punya asal-usul yang masih diperdebatkan. Ada yang bilang terinspirasi dari wallpaper hotel, ada juga yang menyebutnya simbol bendera Swiss.
Apa pun itu, logo ini tetap ikonik dalam sejarah otomotif Amerika. Di sisi lain, warna emas khas mobil Chevrolet melambangkan keandalan dan daya tahan.
14. Rolls-Royce
Selain logo “RR” yang elegan, Rolls-Royce punya maskot Spirit of Ecstasy yang menjadi simbol kemewahan tanpa kompromi. Logo ini jarang berubah sebab sudah melekat dengan citra aristokrat merek ini.
15. Peugeot
Menanggalkan desain lama yang menampilkan singa berdiri, Peugeot baru-baru ini memperbarui logonya jadi kepala singa yang lebih modern. Konon, logo baru Peugeot terinspirasi dari emblem lamanya di tahun 1960-an.
Tertarik memiliki mobil dari merek-merek ternama ini? Cek OLX untuk menemukan berbagai pilihan mobil bekas berkualitas dengan harga terbaik. Mobil impian kamu pasti ada di sini!